Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa

Yundiafi, Zahra (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis sektor food & beverages yang saat ini sedang banyak diminati oleh kalangan remaja hingga dewasa adalah kopi lokal Indonesia, salah satunya adalah Janji Jiwa. Walaupun Janji Jiwa memiliki jumlah pengikut di media sosial yang lebih banyak dibandingkan dengan kompetitornya, namun penelitian terdahulu yang dilakukan pada konsumen Janji Jiwa menunjukkan bahwa social media marketing bukan menjadi faktor yang mendominasi pembelian Janji Jiwa melainkan word of mouth. Dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari electronic word of mouth dan social media marketing terhadap keputusan pembelian Janji Jiwa secara parsial dan simultan pada followers Instagram Janji Jiwa. Konsep yang digunakan adalah dimensi electronic word of mouth menurut Goyette, dimensi social media marketing menurut Gunelius, dan dimensi keputusan pembelian menurut Kotler dan Armstrong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kuesioner online pada 300 responden dengan kriteria merupakan followers Instagram Janji Jiwa yang pernah membeli produk Janji Jiwa dan berusia 180-34 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh pada electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadp keputusan pembelian. Secara simultan, electronic word of mouth dan social media marketing memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelain sebesar 62,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Electronic Word Of Mouth, Social Media Marketing, Keputusan pembelian, Janji Jiwa.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2022 09:27
Last Modified: 15 May 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22859

Actions (login required)

View Item View Item