Ukur, Christian Pamalelu (2022) Representasi Budaya Konsumerisme dalam Iklan LinkAja "Swadee Krab". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (320kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (245kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini adalah budaya konsumtivisme yang merupakan identitas diri yang menjadi sebuah refleksi dari "gaya hidup" yang berkaitan erat dengan merk, produk, serta dengan sikap dan perilaku terkait dengan di mana seseorang berbelanja, bagaimana cara membeli dan apa yang dikonsumsi. Sayangnya, budaya konsumtif ini seringkali tak ditopang pendapatan yang memadai. Melalui perantaraan media (iklan), mereka mencari cara untuk bisa menghadirkan realitas semu sehingga masyarakat dapat digiring untuk membeli dan terus membeli tanpa berkesudahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat representasi budaya konsumtivisme dalam iklan LinkAja "Sawadee Krub". Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah model penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Hasil penelitian ini adalah adanya representasi konsumtivisme dalam beberapa scene pada iklan tersebut. Representasi konsumtivisme dalam iklan ini menggambarkan fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dikesankan berlebihan dan mementingkan hasrat konsumsi produk yang direpresentasikan dan dilekatkan pada bintang iklan ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | semiotika, iklan, konsumtivisme, representasi. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 09:26 |
Last Modified: | 12 May 2023 01:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22877 |
Actions (login required)
View Item |