Representasi Budaya Konsumerisme dalam Iklan LinkAja "Swadee Krab"

Ukur, Christian Pamalelu (2022) Representasi Budaya Konsumerisme dalam Iklan LinkAja "Swadee Krab". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah budaya konsumtivisme yang merupakan identitas diri yang menjadi sebuah refleksi dari "gaya hidup" yang berkaitan erat dengan merk, produk, serta dengan sikap dan perilaku terkait dengan di mana seseorang berbelanja, bagaimana cara membeli dan apa yang dikonsumsi. Sayangnya, budaya konsumtif ini seringkali tak ditopang pendapatan yang memadai. Melalui perantaraan media (iklan), mereka mencari cara untuk bisa menghadirkan realitas semu sehingga masyarakat dapat digiring untuk membeli dan terus membeli tanpa berkesudahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat representasi budaya konsumtivisme dalam iklan LinkAja "Sawadee Krub". Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah model penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Hasil penelitian ini adalah adanya representasi konsumtivisme dalam beberapa scene pada iklan tersebut. Representasi konsumtivisme dalam iklan ini menggambarkan fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dikesankan berlebihan dan mementingkan hasrat konsumsi produk yang direpresentasikan dan dilekatkan pada bintang iklan ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: semiotika, iklan, konsumtivisme, representasi.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:26
Last Modified: 12 May 2023 01:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22877

Actions (login required)

View Item View Item