Perancangan Product Profile Video Promosi dan Collateral Product dalam Upaya Membangun Brand Awareness Kopi Gunung Puntang

Oviarda, Mohammad Stalika (2022) Perancangan Product Profile Video Promosi dan Collateral Product dalam Upaya Membangun Brand Awareness Kopi Gunung Puntang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kopi Gunung Puntang merupakan kopi single origin yang berasal dari Jawa Barat, kopi ini memiliki keunggulan berupa keunikan rasa dan aromanya yang harum. Kualitas kopi ini telah diakui internasional pada kejuaraan kopi di tahun 2016 oleh Speciality Coffee Association of America. Meskipun mendunia, nyatanya kopi ini belum dikenal di dalam negeri. Oleh sebab itu, karya ini bertujuan untuk membangun brand awareness dengan menggunakan video promosi dan collateral product untuk menghasilkan eksposur bagi kopi Gunung Puntang. Konten video dan collateral product dirancang secara konseptual melalui konsep di antaranya komunikasi pemasaran, sinematografi, desain grafis, dan brand awareness. Dengan aspek rasio 9:16 yang berorientasi vertikal, video promosi diproduksi untuk menyesuaikan karakteristik smartphone dan Instagram. Karya ini merancang empat video yang dibuat melalui tahap pra produksi, produksi serta pasca produksi. Video pertama berjudul Keajaiban dari Tanah Sunda dengan durasi empat menit dan ketiga video lain berduasi satu menit dengan tema "Gunung Puntang Experience". Karya ini juga merancang desain ilustrasi poster, flyer, dan rack display yang ketiganya juga melewati proses perencanaan desain yang konseptual. Total tujuh karya yang terdiri dari video dan collateral product dirancang sebagai upaya membangun awareness produk kopi gunung puntang, empat video diunggah di media sosial Instagram dengan hasil yang baik berdasarkan data insight. Akun @rkopipalalangon mengalami peningkatan berdasarkan indikator reach dan impression. Pembuat karya juga menyebar kuesioner yang berisi pertanyaan seputar penilaian karya yang dibagikan kepada 21 responden dengan hasil yang baik pada setiap karya yang dibuat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kopi Gunung Puntang, Video, Collateral, Brand Awareness.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:26
Last Modified: 28 Apr 2023 07:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item