Kurniawan, Rinaldi (2022) Analisis Kepuasan Khalayak Channel Otomotif Youtube: Studi Kasus pada Subscriber Motomobi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
Abstract
Kebutuhan manusia akan informasi semakin dimudahkan dengan banyak pilihan platform digital, Youtube menjadi media favorit untuk mengakses informasi yang memudahkan penggunanya untuk memperoleh dan membagikan informasi secara gratis dan luas. Konten dalam aplikasi Youtube merupakan informasi yang disajikan dalam bentuk video, salah satunya adalah konten review. Terdapat berbagai jenis konten review yang ada di Youtube penelitian ini memilih review otomotif oleh channel Motomobi. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara bersama enam informan. Penelitian ini menggunakan Teori New Media, Teori Uses and Gratifications dan Teori Kepuasan Khalayak. Peneliti menyimpulkan bahwa subscribers channel Motomobi memiliki motif untuk menonton Motomobi yaitu, kesukaan akan otomotif dan pengaruh teman. Selanjutnya, subscribers channel Motomobi memilih media Youtube dikarenakan durasi, detail dan audio visual yang dimiliki Youtube membuat informasi lebih lengkap. Selain itu, motif yang mendasari subscribers memilih channel Motomobi dibandingkan channel lain karena Motomobi dianggap unik dalam menyampaikan informasinya, Berdasarkan lima faktor kepuasan, subscribers merasa puas karena terhibur akan cara penyampaian informasi oleh Om Mobi, rasa puas terhadap informasi yang disampaikan dinilai simple, padat dan jelas, rasa puas yang diterima subscribers akan konten Motomobi yang ringan membuat mereka dapat menikmati vlog Motomobi dikala lelah maupun sedang bersantai. Selanjutnya, subscribers merasa informasi yang disuguhkan oleh channel Motomobi dapat memberikan jawaban atas permasalahan otomotif. Terakhir, subscribers merasa puas akan penambahan wawasan seputar otomotif yang diberikan channel Motomobi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Youtube, Teori Uses and Gratifications, Teori Kepuasan Khalayak |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 09:25 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 06:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22925 |
Actions (login required)
View Item |