Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen Review Produk di Tokopedia

Alifianda, Rezkhi (2023) Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen Review Produk di Tokopedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Latar Belakang Tokopedia merupakan sebuah platform jual beli berbasis online yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan memasarkan produk yang ingin dijual dengan mudah dan aman. Hasil review dari produk yang sudah dibeli oleh user dapat dikategorikan dengan review positif, negatif, dan netral. Review atau ulasan-ulasan dari produk atau barang yang ada pada Tokopedia jumlahnya sangat banyak, ribuan bahkan jutaan review atau ulasan yang ada pada Tokopedia. Sehingga untuk melakukan klasifikasi pada review atau ulasan secara manual akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, diperlukan progam untuk melakukan klasifikasi pada review atau ulasan-ulasan dengan menggunakan analisis sentimen. Model klasifikasi menggunakan algoritma Naive Bayes. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Naive Bayes dengan menggunakan pemrograman Python serta menghitung tingkat akurasi prediksi dari sistem yang dibuat. Berdasarkan penelitian sebelumnya, algoritma Naive Bayes memberikan performa paling baik bila dibandingkan dengan algoritma klasifikasi lainnya. Hasil pengujian dengan performa terbaik dengan perbandingan data train sebesar 70% dan data test sebesar 30% dengan nilai accuracy 83%, precision 85%, recall 91%, dan f1-score 88%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Sentimen, Naive Bayes, Python, Tokopedia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:59
Last Modified: 21 Aug 2023 04:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23349

Actions (login required)

View Item View Item