Pengukuran Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: PT Trijaya Union)

Baladewa, Yustinus (2023) Pengukuran Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: PT Trijaya Union). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Teknologi informasi adalah semua alat yang dapat menangkap, menyimpan,memproses dan menggunakan informasi secara efektif dan efisien,Di dalam penggunaanya, teknologi informasi sangat memerlukan ketelitian dan perencanaan yang sistematis. PT Trijaya Union merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang karoseri yang dimana merupakan salah satu perusahaan karoseri tertua di Indonesia. Penelitian ini dilakukan karena pada tata kelola teknologi informasi PT Trijaya Union masih memiliki kekurangan yang disebabkan ide inovasi dan strategi yang tidak sesuai visi dan misi,terlalu mengandalkan pihak ketiga didalam pencarian inovasinya,sumber daya manusia yang kurang siap dalam menerima perubahan serta belum adanya pencatatan dan dokumen relevansi strategi dan inovasi yang sedang direncanakan maka dibutuhkan pengukuran tata kelola teknologi informasi untuk memperbaiki permasalahan yang ada. Pengukuran tata kelola teknologi informasi ini dilakukan menggunakan framework COBIT 5 dengan cara melakukan wawancvara dan observasi untuk mengukur capability level pada domain APO02 (Manage Strategy), APO04 (Manage Innovation), dan BAI08 (Manage Knowledge). Hasil yang didapat dari pengukuran level kapabilitas dari ketiga domain ini adalah APO02 berada pada level satu, APO04 berada pada level satu, dan BAI08 berada pada level satu. Dari hasil pengukuran ini didapatkan hasil temuan yang menjadi hambatan untuk naik ke level berikutnya. Maka dari itu untuk meningkatkan level yang ingin dicapai oleh perusahaan diberikan rekomendasi perbaikan dan rekomendasi kenaikan level agar tata kelola teknologi informasi perusahaan dapat berjalan dengan maksimal. Seperti memembuat dokumen dan mengkomunikasikan tujuan dari perencanaan strategi yang ada, lebih proaktif dalam mengembangkan ide inovasi serta melakukan training pada rekrutan baru.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Capability Level, COBIT 5, APO02 (Manage Strategy),APO04 (Manage Innovation), BAI08 (Manage Knowledge)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:02
Last Modified: 07 Jul 2023 01:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23483

Actions (login required)

View Item View Item