Perancangan Database untuk Aplikasi Otomasi Penghitungan Pajak pada PT Inti Data Utama

Wijaya, David Indra (2022) Perancangan Database untuk Aplikasi Otomasi Penghitungan Pajak pada PT Inti Data Utama. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Kegiatan kerja magang dilaksanakan di PT. Inti Data Utama sebagai Functional Consultant dan berlangsung selama 800 jam. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan­perusahaan tentunya menerapkan teknologi untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengambilan keputusan dan meningkatkan produktivitas. PT Inti Data Utama memberikan layanan kepada perusahaan untuk menerapkan ERP di perusahaan menggunakan aplikasi Epicor. PT. Inti Data Utama merupakan perusahaan yang berfokus dalam memberikan solusi ERP (Enterprise Resource Planning) untuk perusahaan menggunakan teknologi terdepan. Teknologi Inti Data utama terdapat 3 sistem ERP yaitu : SAP AG, Epicor, dan Exact. Namun client lebih banyak berminat dalam menggunakan Epicor. Bea Cukai Indonesia mengalami kekurangan dalam sistem import dan export yaitu ketidak efesien dalam menginput data. Hal ini dikarenakan pemerintah perlu menginput barang yang ingin di import dan export sekaligus harga pajak dari barang tersebut. PT. Inti Data Utama diberikan kesempatan untuk membuatkan aplikasi ERP agar penginputan data import-export menjadi lebih efisien. Sistem tersebut dapat menghubungkan import-export dengan harga pajak yang akan dikenakan dalam pelaksanaan import-export. Hasil yang didapatkan dari kerja magang yang dilakukan adalah DFD dan ERD untuk setiap BC yang tersedia dalam aplikasi Ceisa TPB. Terdapat 7 BC dalam aplikasi Ceisa TPB yaitu: BC 2.3, BC 2.5, BC 2.6.1, BC 2.6.2, BC 2.7, BC 4.0, BC 4.1. Pembuatan ERD berfungsi untuk mempermudah dalam menggambarkan data lebih terstruktur dan rapi. Sedangkan DFD adalah diagram yang menjelaskan keluar-masuknya data. Kedua hal tersebut berfungsi untuk mempermudah perusahaan dalam membuat ERP berdasarkan keinginan customer. Dengan adanya kegiatan magang ini, diharapkan dapat membantu PT. Inti Data Utama dalam menyelesaikan permintaan customer.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Database, ERP, Epicor, HeidiSQL, DFD, ERD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
500 Science and Mathematic > 510 Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Mar 2023 17:01
Last Modified: 02 Aug 2023 02:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23549

Actions (login required)

View Item View Item