Representasi Maskulinitas Tokoh Ajo Kawir dalam Film seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021)

Osvaldo Rahmanto, Daniel (2022) Representasi Maskulinitas Tokoh Ajo Kawir dalam Film seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah film diproduksi untuk menciptakan sebuah pengaruh terhadap para penontonnya. Pengaruh tersebut dapat terbentuk melalui ide, informasi, alur, dan pembentukan karakter yang disampaikan secara bertahap melalui plot film. Sebuah film mempengaruhi indra penglihatan dan pendengaran dengan membawa para penontonnya melalui perjalanan dan pengalaman imajinatif yang menarik. Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas merupakan film yang disutradarai oleh Edwin berdasarkan novel karya Eka Kurniawan. Film ini menceritakan perjalanan Ajo Kawir sebagai tokoh utamanya yang memiliki masalah impoten. Isu maskulinitas dalam film ini sangat menarik untuk digali karena maskulinitas merupakan hal yang nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Penelitian ini berusaha membahas maskulinitas dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi. Penulis akan mencoba menginterpretasi berdasarkan teori film form as meaning (2020) dan maskulinitas Connell (2005). Penulis mengklasifikasikan adegan dalam film ini yang berkaitan dengan maskulinitas dan Ajo Kawir ke dalam empat bagian layer of meaning menurut Bordwell dan empat klasifikasi maskulinitas menurut Connell. Dalam film ini paling banyak ditemukan implicit meaning sebanyak 13 adegan dan pandangan maskulinitas esensialis sebanyak 15 adegan. Implicit meaning banyak terlihat dari adegan yang dapat diinterpretasikan secara lebih mendalam dan adegan tersebut sejalan dengan teori maskulinitas esensialis Connel yang mengasosiasikan maskulinitas sebagai aktivitas yang bertolak belakang dengan feminin pasivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Maskulinitas, Film, Ajo Kawir
Subjects: 800 Literature > 810 American Literature In English > 813 American fiction in English
800 Literature > 890 Other Literatures > 894 Literatures of Altaic, Uralic, Hyperborean, Dravidian languages; literatures of miscellaneous languages of South Asia
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:08
Last Modified: 18 Sep 2023 00:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24357

Actions (login required)

View Item View Item