Menilik Cara Alternatif Mengikuti Tren Fashion agar Tetap Ramah Lingkungan melalui Karya Mobile Journalism EDUFASHION

Ramadhanty Putri Darmadi, Nabila (2023) Menilik Cara Alternatif Mengikuti Tren Fashion agar Tetap Ramah Lingkungan melalui Karya Mobile Journalism EDUFASHION. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Modernisasi berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat mengenai fashion. Terlebih dengan adanya internet memudahkan masyarakat melihat perkembangan tren fashion terkini. Fast fashion merupakan industri fashion yang memproduksi produk dengan mengikuti musim waktu dengan cepat. Di balik fast fashion tersebut, ternyata memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Banyak produk fashion yang akhirnya dibuang dan akhirnya menjadi limbah yang sulit terurai sehingga dapat merusak lingkungan. Melihat persoalan itu, salah satu solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan, yaitu baik industri fashion maupun konsumen menerapkan fashion berkelanjutan. Fashion berkelanjutan merupakan merupakan praktik dalam fesyen yang didasari atas produksi dan pemakaian pakaian dalam rentang waktu yang lama, daya tahan, dan kualitas yang tinggi. Hal ini menarik untuk diliput oleh penulis dalam bentuk audio visual berbentuk Mobile Journalism yang akan terbagi menjadi 8 episode dengan target durasi 5 - 8 menit per video, yang nantinya akan diunggah di platform media sosial TikTok. Metode observasi, wawancara, menggunakan Jurnalisme solusi dan First Person Journalism digunakan untuk menyampaikan pesan dengan cermat agar melibatkan publik secara efektif untuk membuat perubahan. Karya ini juga diharapkan dapat menjadi sarana informasi bagi publik agar lebih peduli dengan isu lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fast Fashion, Sustainable Fashion, Slow Fashion, Mobile Journalism, Ramah Lingkungan. Cluster: Reporting based. 7 Menilik Cara Alternatif..., Nabila Ramadhanty Putri Darmadi, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:51
Last Modified: 07 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25897

Actions (login required)

View Item View Item