Pengukuran Tingkat Kapabilitas di PT.XYZ Menggunakan Framework COBIT 2019

Wijaya, David Indra (2023) Pengukuran Tingkat Kapabilitas di PT.XYZ Menggunakan Framework COBIT 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tata kelola teknologi informasi berfungsi untuk memastikan penerapan TI di perusahaan telah sesuai dengan tujuan perusahaan. Tata kelola teknologi informasi juga dikenal sebagai IT governance. Penelitian bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas perusahaaan menggunakan kerangka kerja COBIT yang berfungsi untuk menyelaraskan tata kelola teknologi informasi pada perusahaan selaras dengan tujuan perusahaan. PT.XYZ merupakan perusahaan yang bekerja di bidang produksi suku cadang. Terdapat masalah-masalah umum seperti di bidang IT, khususnya terjadi pada backup data, jaringan internet yang tidak stabil, dan penyimpanan data yang corrupt. Selain itu, terdapat permasalahan lainnya di bidang sumber daya manusia terkait perekrutan karyawan di bidang staff, kekurangan tenaga kerja ketika permintaan barang sedang tinggi, dan tingkat turnover karyawan yang tinggi tepatnya pada karyawan yang masih kontrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas perusahaan dengan menerapkan kerangka kerja menggunakan COBIT. Berdasarkan permasalahan yang dialami PT.XYZ yang didapatkan dari proses wawancara mendapatkan 3 proses domain yaitu EDM03 - Ensured Risk Optimization, APO07 - Managed Human Resources, APO12 - Managed Risk. Metode yang dilakukan menggunakan teori Gallegos untuk melakukan audit perusahaan dari tahap perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan, dan tindakan lanjutan. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil domain EDM03 sebesar 67.5% yaitu fully achieved berhenti di level 2, APO07 sebesar 73.28% fully achieved berhenti di level 2, dan APO12 sebesar 56.39% berhenti di level 2. Perusahaan memiliki target untuk tingkat kapabilitas untuk ketiga domain berada di level 3. Sedangkan hasil penilaian untuk ketiga domain tersebut berhenti di level 2 yang menghasilkan selisih 1 level untuk level kapabilitas. Di akhir penulisan ini, penulis pun memberikan temuan dan dampak terkait pengukuran tingkat kapabilitas beserta rekomendasi peningkatan level bagi perusahaan untuk mencapai level 3.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: APO, COBIT 2019, EDM, ISACA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2023 09:45
Last Modified: 02 Aug 2023 02:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item