Felix, Vincent (2023) Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce berbasis website pada UMKM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (661kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada tahun 2022, UMKM di Indonesia ada sebesar 64,2 Juta pelaku usaha akan tetapi hanya sebesar 8 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk. Pada realita masih banyak UMKM yang belum menggunakan inovasi teknologi secara optimal. Dalam ketertinggalan tersebut, maka dibutuhkan pembekalan literasi digital yang mendukung untuk membantu UMKM agar menjadi digital. Dengan permasalahan ini dilakukan kuesioner dan wawancara untuk mencari kebutuhan yang diperlukan sehingga dapat mendukung transformasi pada UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah platform berbasis website sebagai media yang dapat digunakan pelaku UMKM untuk meluaskan pangsa pasar penjualan pada produk UMKM. Dengan menggunakan metode Prototyping, proses perancangan website dilakukan berdasarkan hasil kuesioner dan juga wawancara terkait kebutuhan yang diperlukan pada UMKM. Website yang dirancang dilakukan dengan menggunakan framework bootstrap dan dengan sistem database MySQL menggunakan phpMyAdmin. Tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan website pada penelitian ini, dimana dilakukan penyebaran kuesioner dan juga wawancara. Hasil data dari responden yang didapatkan pada kuesioner akan dilakukan penganalisisan. Pada hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS mendapatkan nilai pada Business Process (Y) sebesar 0.924 untuk Business Transformation, dapat diasumsikan bahwa dibutuhkan transformasi bisnis pada UMKM sehingga dapat menjadi UMKM yang go Digital. Dapat disimpulkan dari penelitian ini dapat membantu melakukan transformasi menuju UMKM go Digital, sehingga pelaku UMKM dapat memperluas penjualan. Kendala-kendala yang harus dihadapi untuk mendukung UMKM menjadi go Digital yaitu diperlukan pelatihan dan pemahaman terkait literasi digital. Pada penelitian ini dilakukan metode prototyping dalam pembuatan website yang bertujuan untuk melakukan penjualan dan pemasaran secara digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Transformasi, UMKM, Website, Digital |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 09:49 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26065 |
Actions (login required)
View Item |