Pengaruh Pesan Kampanye #SayaPilihBumi terhadap Sikap Ramah Lingkungan Followers Instagram @sayapilihbumi

Azzah Shalihah, Dzakiyyah (2023) Pengaruh Pesan Kampanye #SayaPilihBumi terhadap Sikap Ramah Lingkungan Followers Instagram @sayapilihbumi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)

Abstract

Kesadaran masyarakat mengenai permasalahan lingkungan khususnya sampah masih sangat perlu untuk diperhatikan dan ditingkatkan. Kampanye merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kesadaran, tidak adanya penanganan yang efektif terhadap permasalahan sampah mendorong beberapa industri untuk mengadakan kampanye pengurangan sampah plastik. Berbagai kampanye mengenai lingkungan dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Salah satunya adalah oleh National Geographic Indonesia yang secara khusus membuat akun gerakan perubahan perilaku berbasis lingkungan yaitu @sayapilihbumi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pesan kampanye persuasif dari #SayaPilihBumi terhadap sikap ramah lingkungan followers instagram @sayapilihbumi. Penelitian ini menggunakan teori Social Judgement Theory dan konsep pesan kampanye persuaif serta sikap. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Variabel dari pesan ini adalah Pesan kampanye dengan dimensi struktur pesan, konten pesan, bingkai pesan, bahasa pesan, dan Daya Tarik Emosional sebagai variabel X dan Sikap ramah lingkungan dengan dimensi Kognitif, konatif, dan afektif sebagai variabel Y. Penelitian dilakukan kepada followers akun instagram @sayapilihbumi dan mengambil sejumlah 201 responden secara purposive sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis dengan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukan pesan kampanye #SayaPilihBumi berpengaruh terhadap Sikap Ramah lingkungan sebesar 61,9%. Melalui persamaan regresi, Sikap Ramah lingkungan = 11.857 + 0,641 Pesan Kampanye, dapat diprediksikan bahwa kenaikan nilai sikap ramah lingkungan followers @sayapilihbumi akan dipengaruhi oleh tingkat pesannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Lingkungan, Sikap Ramah Lingkungan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:57
Last Modified: 20 Jul 2023 10:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26372

Actions (login required)

View Item View Item