Deandro Ilham, Jerico (2023) Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) pada Perusahaan Jasa Keuangan (Studi Kasus pada PT Panin Asset Management). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (1MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (964kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Integrated Marketing Communication (IMC) merupakan penggabungan dari berbagai komunikasi dalam menyampaikan pesan mengenai produk. PT Panin Asset Management merupakan perusahaan manajer investasi di Indonesia yang menerapkan hal ini melalui divisi marketing communication. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi IMC dalam PT Panin Asset Management, dampak dan bagaimana tantangan dalam penerapan IMC tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data penelitian berasal dari wawancara dengan empat orang informan, studi pustaka, observasi dan analisis dokumen. Informan penelitian berasal dari ketua divisi marketing communication, design grafis, audio visual dan business development. Teknik analisis data melalui penjodohan pola dan pembuatan penjelasan atau eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Panin Asset Management telah berhasil menerapkan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Pendekatan ini melibatkan keseragaman komunikasi di seluruh platform media sosial, dengan fokus pada peningkatan jumlah nasabah, pertumbuhan AUM, dan standarisasi pemasaran produk. Aktivitas IMC sendiri yang sudah diterapkan di PT Panin Asset Management selama 5 tahun ini yaitu iklan di majalah dan iklan di koran pada saat pandemi, platform media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter dan platform pribadi lainnya milik PT Panin Asset Management seperti Aplikasi iprosper yang ada di Appstore/Google Play atau melalui website PT Panin Asset Management di www.peninam.co.id. Namun kegiatan utama sebenarnya adalah membuka event offline dengan membuka tenant di event bazar karena lebih efektif, dimana divisi marketing bisa berkomunikasi langsung dan membimbing nasabah. Untuk tantangan sendiri, yang utama dihadapi oleh PT Panin Asset Management dalam penerapan IMC adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, PT Panin Asset Management |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 08:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 08:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32117 |
Actions (login required)
View Item |