Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Autonetmagz sebagai Sumber Informasi pada Kalangan Pengguna

Hansen, Cristian (2024) Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Autonetmagz sebagai Sumber Informasi pada Kalangan Pengguna. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (647kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (480kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (578kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak yang besar terhadap industri media di Indonesia. Dalam menghadapi perkembangan teknologi, media massa melakukan konvergensi media. Hal ini juga didukung dari pertumbuhan pengguna internet yang cepat di Indonesia. Oleh sebab itu, media massa harus memasuki ranah media sosial. Pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan 77,02% pada Juni 2022 dengan demikian naik 5,68% dari tahun 2019. Kenaikan jumlah pengguna internet mencerminkan bahwa audiens semakin terhubung dengan beragam platform digital dalam mengakses sumber informasi pada media sosial. Sekitar 98,02% responden dalam penggunaan internet untuk mengakses platform media sosial dan pengguna internet tertinggi terdapat pada kelompok usia 13-18 tahun, diikuti oleh kelompok usia 19-34 tahun. Salah satu media sosial yang sedang diminati masyarakat saat ini adalah Tiktok. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana motif penggunaan dan kepuasan yang didapatkan audiens Generasi Z terhadap informasi yang diberikan oleh AutonetMagz di TikTok. Dalam penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification 2.0 dengan model MAIN yaitu modality, agency, interactivity, dan navigability yang dikemukakan oleh Sundar dan Limperos (2013). Penelitian menggunakan metode kualitaitf bersifat deskriptif, serta paradigma post-positvisme dengan metode pre- experimental one-shot case study. Hasil dari penelitian ini yaitu informan dalam menggunakan TikTok lebih sering mendapatkan informasi mengenai otomotif secara tidak sengaja lewat halaman FYP dan mencari informasi otomotif melalui kolom pencarian. Informan merasa puas dengan TikTok AutonetMagz karena memiliki ciri khas dan keunikan pada setiap kontennya. Informan mengaku setelah mengonsumsi konten AutonetMagz dapat membuat keputusan dalam pengambilan Tindakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Penggunaan dan Kepuasan, Uses and Gratification 2.0, Model MAIN, Media Sosial, Otomotif, AutonetMagz, Generasi Z.
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:45
Last Modified: 28 Nov 2024 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32240

Actions (login required)

View Item View Item