Evaluasi Penerapan Aplikasi Digital Marketing Berbasis Website pada UMKM

William, Eric (2024) Evaluasi Penerapan Aplikasi Digital Marketing Berbasis Website pada UMKM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (655kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (362kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (395kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang pesat, terutama di sektor bisnis, melalui digitalisasi. Keberadaan UMKM sangat penting dalam konteks bisnis, namun masih banyak dari mereka yang belum sepenuhnya mengadopsi teknologi informasi dalam strategi bisnis mereka untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menerapkan sebuah aplikasi pemasaran digital berbasis website yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas operasional mereka dan memperkuat strategi pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara, sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode Prototyping. Tahapan perancangan website dilakukan berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara yang sudah dilakukan. Website yang dirancang menggunakan framework ReactJS dan Laravel dan dengan sistem database MySQL menggunakan phpMyAdmin. Hasil data dari responden akan diolah dan dianalisa menggunakan SmartPLS. Hasil analisis dalam penelitian ini mendapat nilai Pelatihan dan Edukasi (X1) sebesar 0.927, Pemasaran Digital (X2) sebesar 0.866, dan Ketersediaan Stok Barang (Y) sebesar 0.849, dapat diasumsikan bahwa ketiga indikator ini dapat mempengaruhi UMKM dalam proses bisnis dan kegiatan operasional. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan aplikasi pemasaran digital pada UMKM dapat meningkatkan mutu operasional mereka dan memberikan pandangan untuk pengambilan keputusan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode prototyping dalam pembuatan website, menunjukkan bahwa masih ada banyak area yang dapat diperbaiki.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: digital marketing, evaluasi, prototype, umkm, website
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:09
Last Modified: 06 Nov 2024 03:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item