Perancangan Kampanye Sosial Larangan Penggunaan Jas Hujan Ponco pada saat Mengendarai Sepeda Motor

Ardan, Muhammad Farrel (2024) Perancangan Kampanye Sosial Larangan Penggunaan Jas Hujan Ponco pada saat Mengendarai Sepeda Motor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (765kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (504kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (638kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Setiap pengendara motor wajib mematuhi kelengkapan berkendara, kesiapan dalam berkendara juga akan berdampak positif bagi setiap pengendara motor. Penggunaan jas hujan training merupakan hal yang dapat meminimalisir resiko kecelakaan dibandingan dengan menggunakan jas hujan model ponco pada saat mengendarai motor dikala hujan. Namun, masih banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi utama belum menyadari pentingnya memakai jas hujan training bahkan mengabaikannya dikarenakan tidak praktis. Oleh karena itu, dengan adanya perancangan ini melalui kampanye sosial oleh masyarakat. Penulis berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan pada saat berkendara dikala hujan. Berdasarkan hasil wawancara, masyarakat menyepakati bahwa jas hujan training merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang penting bagi pengendara sepeda motor. Penulis dalam perancangan ini menggunakan teori perancangan dari R.Landa sebagai Solution Graphic Design serta menggunakan Venus dalam kampanye. Penulis juga menggunakan strategi komunikasi model AISAS sebagai acuan utama dalam merancang desain kampanye. Metode dalam mengumpulkan data yang penulis gunakan yaitu secara kualitatif. Penulis juga melakukan pemilihan media-media sebagai ajakan kepada target audiens. Media yang penulis pilih berupa, poster, stiker, neon box ads, car decal ads, signage, billboard ads, Instagram, dan merchandise. Penulis melakukan pemilihan media tersebut sebagai bentuk ajakan untuk tidak menggunakan jas hujan ponco dan wajib menggunakan jas hujan training pada saat mengendarai sepeda motor dikala hujan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kelengkapan berkendara, Sepeda motor, Kampanye sosial, Larangan penggunaan jas hujan ponco
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:41
Last Modified: 06 Nov 2024 03:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32434

Actions (login required)

View Item View Item