Juwita, Karisma (2024) Perancangan Identitas Merek UMKM CAKEIN di Desa Legok. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (303kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (524kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (296kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (135kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Perancangan ini dibuat untuk membuat identitas merek dari Cakein sebagai merek UMKM yang dikenal oleh masyarakat luas. Cakein merupakan sebuah UMKM di Desa Legok yang menjual berbagai produk dengan jenis kue tradisional. Dalam menjalankan usahanya, UMKM Cakein belum memiliki identitas merek seperti penggunaan logo ataupun label khusus, sehingga tidak ada pembeda antar produk kompetitor lain. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya brand awareness Cakein di masyarakat. Dalam menjangkau kesadaran masyarakat terhadap merek Cakein, maka perancangan brand identity diperlukan agar Cakein memiliki citra merek yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam mencari data yang diperlukan dalam perancangan adalah penelitian kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara bersama pihak UMKM dan observasi langsung ke Desa Legok. Selain itu, terdapat juga tahapan yang digunakan dalam perancangan ini yaitu menurut teori perancangan desain dari Robin Landa. Tahapan perancangannya meliputi orientation, analysis, concept, design, dan implementation. Dalam melakukan perancangan identitas merek untuk UMKM Cakein, output yang akan dihasilkan adalah logo, kemasan produk, dan kebutuhan brand activation Cakein. Output ini akan digunakan juga sebagai aset visual dalam kebutuhan kegiatan marketing yang nantinya akan dilakukan Cakein. Dari hasil perancangan ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembuatan identitas merek yang baik dapat membuat Cakein dikenal sebagai merek UMKM yang memiliki citra dan ciri khasnya sendiri. Dengan citra yang lebih baik, maka brand awareness Cakein meningkat di masyarakat luas dan dapat mengembangkan usaha Cakein.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Identitas merek, Cakein, Desa Legok |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 13:33 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 13:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33071 |
Actions (login required)
View Item |