Felicia Purnama, Abigail (2024) Perancangan Maskot UMKM Beef n Burger di Desa Medang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (210kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (345kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (509kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (201kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Medang, merupakan suatu desa/kelurahan yang cukup strategis di Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang, Indonesia. Desa ini memiliki berbagai macam jenis UMKM mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan, yang besar potensinya untuk dikembangkan. Dalam upaya mengembangkan bisnis tersebut, Medang memiliki sebuah komunitas bernama "POKDARWIS Medang" yang mendukung para pemilik UMKM untuk mempromosikan produknya. Salah satu pemilik UMKM di desa Medang, yaitu Ubaidillah, mempunyai bisnis kuliner yang menjual burger sebagai makanan utamanya. Ia mulai membangun bisnisnya pada tahun 2020 dan bergabung ke dalam komunitas POKDARWIS Medang dengan nama bisnis "Chick n Pepper". Meskipun sudah mengoperasikan bisnis ini cukup lama, Ubaidillah menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan bisnisnya. Secara visual, desain keseluruhan "Chick n Pepper" tidak konsisten dan tidak memiliki keharmonisan dalam penggunaan warna serta elemen desain seperti tipografi dan juga bentuk. Warna yang digunakan adalah warna merah muda dan juga kuning yang tidak complementary sehingga menciptakan desain yang tidak sesuai dengan produk yang dijual. Nama dari "Chick n Pepper" ini sendiri tidak menggambarkan produk yang dijual dimana produk tersebut adalah sebuah burger yang menggunakan daging sapi. Solusi yang diberikan oleh penulis yaitu dengan membuat sebuah desain yang dapat menjadi sarana persuasi dan juga informasi bagi "Chick n Pepper". Maka dari itu, penulis akan merancang sebuah ilustrasi berupa maskot untuk UMKM "Chick n Pepper" serta mengubah nama pada "Chick n Pepper" dengan harapan dapat membantu meningkatkan brand awareness serta memperjelas identitas brand. Pada proses perancangan ini, penulis menggunakan metode Alina Wheeler pada bukunya yang berjudul "Designing Brand Identity: An Essential Guide for The Whole Branding Team" (2018). Penulis juga menggunakan metode kualitatif dalam mencari informasi seperti melakukan tahapan wawancara dan observasi di sekitar lingkungan UMKM.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Maskot, Burger, Ilustrasi, UMKM, MBKM Proyek Desa |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 13:43 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 13:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33097 |
Actions (login required)
View Item |