Perancangan Kampanye #BerbagiItuIbadah Menggunakan Tokoh Mang Ajie dalam Meningkatkan Partisipasi Wakaf Al Quran di PT.Gramedia Asri Media

Dastine D Wawor, Leonardus (2024) Perancangan Kampanye #BerbagiItuIbadah Menggunakan Tokoh Mang Ajie dalam Meningkatkan Partisipasi Wakaf Al Quran di PT.Gramedia Asri Media. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (604kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (376kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Islam. Dengan sebanyak 241,7 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Puasa merupakan ibadah yang dilakukan secara rutin pada agama Islam. Selama menjalankan puasa, umat beragama Islam tidak hanya menahan makan dan haus. Akan tetapi umat Islam diajak untuk menebarkan kebaikan dengan memberikan wakaf. PT. Gramedia Asri Media, sebagai perusahaan yang menjual buku terkemuka ingin mengambil peran dalam memudahkan dalam berwakaf. Program yang diadakan adalah Wakaf Al Quran melalui Toko Buku Gramedia yang tersebar di Indonesia. Dalam rangka mendukung program tersebut, maka diadakan suatu kampanye yang menggunakan strategi marketing public relations atau MPR. MPR itu sendiri merupakan ketika public relations, ikut turut membantu dalam pemasaran menggunakan third party endorsers. Pada kampanye ini menggunakan karakter Mang Ajie untuk mengkomunikasikan pesan dan juga sebagai influence. Dipilihnya penggunaan karakter Mang Ajie ini, bertujuan untuk menarik anak muda terkhususnya generasi Z dan Milenial. Dikarenakan kedua generasi tersebut adalah calon dari pemimpin masa depan. Sehingga kampanye ini ingin menumbuhkan rasa kepekaan kepada dua generasi tersebut. Kampanye ini menggunakan media sosial resmi dari PT. Gramedia Asri Media untuk melakukan penyampaian pesan melalui konten. Dengan kampanye yang sudah berlangsung, oleh karena itu didapatkan kenaikan 10% minat wakaf dari tahun sebelumnnya.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Wakaf, Marketing Public Relations, Kampanye
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 15:15
Last Modified: 08 Nov 2024 15:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33383

Actions (login required)

View Item View Item