Auliya, Ivana (2024) Peran Public Relation Intern dalam Membangun Citra Universitas Multimedia Nusantara. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (885kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (617kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Peningkatan jumlah mahasiswa di Indonesia turut diiringi oleh bertambahnya jumlah perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi saling berlomba untuk menunjukkan citra positif demi menarik lebih banyak mahasiswa. Public Relations (PR) berperan dalam membentuk citra positif universitas di benak publik dengan menyampaikan keunggulan yang dimiliki dan terus menjaga eksistensi universitas di antara banyaknya pesaing. Dalam menjalankan program kerja magang, pekerja magang memiliki tujuan untuk merasakan secara langsung cara kerja seorang PR dan mencoba menerapkan pengetahuan yang sebelumnya telah didapatkan pekerja magang dari perkuliahan. Perusahaan yang dipilih pekerja magang dalam melaksanakan program kerja magang ini adalah Universitas Multimedia Nusantara, sebuah perguruan tinggi swasta yang telah memperoleh akreditas "Unggul" dari BAN-PT. Pekerja magang menjalankan program kerja magang sebagai Public Relations Intern yang berada dalam Departemen Marketing Communication. Selama program kerja magang berlangsung, pekerja magang bertugas untuk meliput kegiatan atau peristiwa yang berlangsung di UMN dan diwujudkan dalam bentuk press release serta pekerja magang juga melakukan aktivitas media relation. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah Public Relations, Press Release, PR Event, Special Event, Konferensi Pers, Komunikator, Stakeholder, Media Relation, dan Media Monitoring. Kendala utama yang ditemukan pekerja magang adalah sulitnya mengembangkan isi press release karena kurang memahami konteks pertemuan atau pembicaraan. Setelah menyelesaikan program kerja magang selama 640 jam, pekerja magang mengambil kesimpulan bahwa PR memiliki tanggung jawab dalam membentuk citra perguruan tinggi, dan PR UMN telah melaksanakan hal ini dengan secara rutin membuat pemberitaan mengenai kegiatan yang ada di UMN.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Public Relations, Universitas Multimedia Nusantara, Citra, Press Release, PR Event, Media Relation. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 15:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 15:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33553 |
Actions (login required)
View Item |