Avelia, Theresia (2024) Strategi Komunikasi Komunitas Kongregasi Cintakasih Sakramen Mahakudus (CCSS) untuk Menarik Minat Masyarakat Katolik di Palembang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (480kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (665kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (479kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (500kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (529kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Komunitas adalah unit sosial yang memiliki karakteristik sosial yang penting, seperti tempat, norma, budaya, agama, nilai, dan adat istiadat atau identitas. Setiap detik manusia berkomunikasi secara verbal atau secara lisan dan nonverbal atau secara bahasa tubuh. Tidak mungkin bagi manusia untuk hidup sendiri karena mereka selalu berhubungan dengan orang lain. Komunitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Congregatio Caritatis Sanctissimi Sacramenti (CCSS) atau Kongregasi Cinta kasih Sakramen Mahakudus adalah kongregasi suster yang berpusat di Cheongju, Korea Selatan dan pada Juni 2023 membuka cabang baru di Indonesia, Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi apa yang digunakan oleh komunitas Kongregasi Cintakasih Sakramen Mahakudus (CCSS) untuk menarik minat masyarakat katolik di Indonesia, khususnya Palembang. Konsep yang digunakan adalah strategi komunikasi, organisasi, komunikasi kelompok, komunitas, komunikasi antarbudaya. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis, dengan jenis dan sifat penelitian kualitiatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada dua informan dan satu key informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas CCSS sudah menjalankan strategi komunikasi sesuai dengan komunikasi efektif menurut Arifin. Hal ini meliputi menetapkan khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan dan menetapkan metode dan penggunaan media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunitas CCSS melakukan analisis situasi sebelum membuka cabang baru, melakukan pendekatan dengan kelompok yang ada dan membagikan pamflet serta kartu nama untuk mereka yang tertarik dengan komunitas ini. Komunitas ini juga melakukan komunikasi antarbudaya dikarenakan mereka merupakan orang Korea Selatan yang beradaptasi di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | strategi komunikasi, komunitas, komunikasi antarbudaya. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:39 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33857 |
Actions (login required)
View Item |