Strategi Komunikasi Komunitas Kongregasi Cintakasih Sakramen Mahakudus (CCSS) untuk Menarik Minat Masyarakat Katolik di Palembang

Avelia, Theresia (2024) Strategi Komunikasi Komunitas Kongregasi Cintakasih Sakramen Mahakudus (CCSS) untuk Menarik Minat Masyarakat Katolik di Palembang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (480kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (665kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (479kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (500kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunitas adalah unit sosial yang memiliki karakteristik sosial yang penting, seperti tempat, norma, budaya, agama, nilai, dan adat istiadat atau identitas. Setiap detik manusia berkomunikasi secara verbal atau secara lisan dan nonverbal atau secara bahasa tubuh. Tidak mungkin bagi manusia untuk hidup sendiri karena mereka selalu berhubungan dengan orang lain. Komunitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Congregatio Caritatis Sanctissimi Sacramenti (CCSS) atau Kongregasi Cinta kasih Sakramen Mahakudus adalah kongregasi suster yang berpusat di Cheongju, Korea Selatan dan pada Juni 2023 membuka cabang baru di Indonesia, Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi apa yang digunakan oleh komunitas Kongregasi Cintakasih Sakramen Mahakudus (CCSS) untuk menarik minat masyarakat katolik di Indonesia, khususnya Palembang. Konsep yang digunakan adalah strategi komunikasi, organisasi, komunikasi kelompok, komunitas, komunikasi antarbudaya. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis, dengan jenis dan sifat penelitian kualitiatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada dua informan dan satu key informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas CCSS sudah menjalankan strategi komunikasi sesuai dengan komunikasi efektif menurut Arifin. Hal ini meliputi menetapkan khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan dan menetapkan metode dan penggunaan media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunitas CCSS melakukan analisis situasi sebelum membuka cabang baru, melakukan pendekatan dengan kelompok yang ada dan membagikan pamflet serta kartu nama untuk mereka yang tertarik dengan komunitas ini. Komunitas ini juga melakukan komunikasi antarbudaya dikarenakan mereka merupakan orang Korea Selatan yang beradaptasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: strategi komunikasi, komunitas, komunikasi antarbudaya.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:39
Last Modified: 09 Nov 2024 11:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33857

Actions (login required)

View Item View Item