Perancangan Media Informasi mengenai Hubungan Parasosial bagi Penggemar K-Pop Usia 15-20 Tahun

Teddy Tangka, Evelyn (2024) Perancangan Media Informasi mengenai Hubungan Parasosial bagi Penggemar K-Pop Usia 15-20 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (991kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hubungan parasosial sebagai hubungan dimana seorang individu menghabiskan ketertarikan, waktu, dan energi untuk pihak lain akan tetapi, pihak lain tersebut tidak mengenal keberadaan individu. Salah satu contohnya adalah penggemar K-Pop dengan selebriti K-Pop. Hubungan ini dipicu oleh penggemar yang merasakan kedekatan dengan idolanya. Melalui survei Good Stats yang diadakan pada tahun 2022, Indonesia merupakan negara peringkat satu dengan penggemar K-Pop terbanyak. Ditemukan juga, mayoritas penggemar K-Pop berusia remaja dimana remaja merupakan fase yang sedang mencari jati diri sehingga mudah untuk mengidolakan seseorang. PSR atau Hubungan parasosial memiliki 3 tipe yaitu, entertainment-social, intense-personal, dan borderline-pathological. Apabila hubungan parasosial individu sudah masuk ke bordeline-pathological dapat memberikan banyak dampak buruk dan menganggu kehidupan nyata seperti menimbulkan masalah psikologis, ketergantungan pada media sosial, dan menjadi penggemar yang fanatik. Berdasarkan hasil wawancara, hubungan parasosial dapat membuat fans menjadi terganggu kehidupan nyatanya dan relasi dengan orang sekitar menjadi tidak baik. Berdasarkan hasil kuesioner banyak remaja penggemar K-Pop yang tidak mengetahui tentang istilah hubungan parasosial namun menunjukkan perilaku-perilaku hubungan parasosial. Maka dari itu, diperlukan media informasi yang mengedukasi dan memberikan pengetahuan terhadap remaja penggemar K-Pop

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: hubungan, parasosial, informasi, k-pop, website
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:51
Last Modified: 09 Nov 2024 11:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33913

Actions (login required)

View Item View Item