Strategi Komunikasi Internal Perusahaan XYZ dalam Membentuk Iklim Komunikasi Organisasi

Andjani Putri, Maharani (2024) Strategi Komunikasi Internal Perusahaan XYZ dalam Membentuk Iklim Komunikasi Organisasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (913kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (364kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (839kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (671kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (555kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (573kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan XYZ telah berhasil menempatkan diri di antara lima belas besar start-up dengan reputasi DEI (Diversity, Equity, Inclusion) terbaik di Indonesia menurut CakeResume. Prestasi tersebut dicapai Perusahaan XYZ dengan memanfaatkan komunikasi internal sebagai strategi dalam membentuk iklim komunikasi organisasi yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang strategi komunikasi internal yang efektif dalam membentuk iklim komunikasi organisasi dengan mengacu pada konsep Iklim Komunikasi Organisasi dari Pace & Faules (2013). Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus menggunakan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan pihak yang secara aktif mengelola komunikasi internal Perusahaan XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal yang terstruktur dan berpusat pada budaya organisasi menjadi faktor kunci dalam keberhasilan Perusahaan XYZ menciptakan iklim komunikasi yang inklusif, mendukung keberagaman, dan menjamin kesetaraan di tempat kerja. Strategi komunikasi internal yang diterapkan Perusahaan XYZ mencerminkan budaya organisasi melalui perilaku pemimpin, program Idea Box, kegiatan internal bonding, pelatihan, konten self- development, acara town hall, serta survei internal untuk evaluasi berkala.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Iklim Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal, Budaya Organisasi, dan Komunikasi Organisasi.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:19
Last Modified: 11 Nov 2024 09:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34215

Actions (login required)

View Item View Item