Thesa Sutio, Tiffany (2024) Komunikasi Interpersonal Atasan dan Bawahan dalam Membangun Loyalitas Karyawan Summarecon Mall Serpong. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (336kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (168kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (157kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif. Komunikasi yang baik tidak hanya memastikan aliran informasi yang baik, tetapi juga membangun rasa dihargai dan memiliki di kalangan karyawan, yang pada gilirannya mendorong loyalitas mereka terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan dalam membangun loyalitas karyawan di Summarecon Mall Serpong, dengan mengadaptasi konsep Komunikasi Interpersonal dari DeVito. Penelitian kualitatif berparadigma interpretif ini, menggunakan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan pendekatan data reduction, data display, dan verification oleh Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan berperan penting dalam membangun loyalitas karyawan di Summarecon Mall Serpong. Pendekatan komunikasi terbuka, termasuk praktik seperti brainstorming, Focus Group Discussion (FGD), serta arahan motivasi melalui apel pagi dan malam, memperkuat hubungan dan kinerja tim. Dengan merasa didengar dan dihargai atasan, bawahan cenderung menunjukkan tingkat loyalitas yang tinggi, menciptakan lingkungan kerja yang positif dan harmonis. Implikasi praktis dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan komunikasi interpersonal bagi atasan dan bawahan untuk menjaga karyawan yang loyal dan meningkatkan produktivitas perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Atasan dan Bawahan, Komunikasi Interpersonal, Loyalitas Karyawan, Summarecon Mall Serpong |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:28 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34669 |
Actions (login required)
View Item |