Representasi Makna Ibu dalam Iklan Storytelling Produk Lifebuoy "Akar Kuat di Bulan Suci" (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fadhilah Usman, Fanny (2024) Representasi Makna Ibu dalam Iklan Storytelling Produk Lifebuoy "Akar Kuat di Bulan Suci" (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (682kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (372kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (480kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (631kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Iklan bergaya storytelling dinilai cepat masuk dalam ingatan dan jangkauan audiens karena manusia mudah terhubung melalui sebuah cerita. PT Unilever Indonesia Tbk menggunakan iklan berbasis storytelling dengan produk Lifebuoy Shampoo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda- tanda dalam iklan "Akar Kuat Di Bulan Suci" membentuk representasi perempuan dilihat dari perspektif semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian ini adalah iklan "Akar Kuat Di Bulan Suci" dengan objek penelitian berupa tanda-tanda dalam iklan berbentuk potongan bentuk visual, pesan verbal dan pesan non verbal dalam setiap adegan dalam iklan. Data sekunder juga digunakan untuk mendukung penelitian yang berasal dari buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian dengan 5 kode pembacaan Roland Barthes ditemukan berbagai tanda yang memiliki makna yang berkaitan dengan representasi perempuan yang menunjukkan bahwa sosok perempuan sebagai ibu menjadi sosok yang sangat penting di dalam kehidupan karena dapat menginspirasi dan memberikan semangat bagi anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Iklan Akar Kuat Di Bulan Suci, Roland Barthes, Semiotika
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:40
Last Modified: 12 Nov 2024 11:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item