Fadhilah Usman, Fanny (2024) Representasi Makna Ibu dalam Iklan Storytelling Produk Lifebuoy "Akar Kuat di Bulan Suci" (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (682kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (372kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (480kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (631kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (173kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
Abstract
Iklan bergaya storytelling dinilai cepat masuk dalam ingatan dan jangkauan audiens karena manusia mudah terhubung melalui sebuah cerita. PT Unilever Indonesia Tbk menggunakan iklan berbasis storytelling dengan produk Lifebuoy Shampoo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda- tanda dalam iklan "Akar Kuat Di Bulan Suci" membentuk representasi perempuan dilihat dari perspektif semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian ini adalah iklan "Akar Kuat Di Bulan Suci" dengan objek penelitian berupa tanda-tanda dalam iklan berbentuk potongan bentuk visual, pesan verbal dan pesan non verbal dalam setiap adegan dalam iklan. Data sekunder juga digunakan untuk mendukung penelitian yang berasal dari buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian dengan 5 kode pembacaan Roland Barthes ditemukan berbagai tanda yang memiliki makna yang berkaitan dengan representasi perempuan yang menunjukkan bahwa sosok perempuan sebagai ibu menjadi sosok yang sangat penting di dalam kehidupan karena dapat menginspirasi dan memberikan semangat bagi anak-anaknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Iklan Akar Kuat Di Bulan Suci, Roland Barthes, Semiotika |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34710 |
Actions (login required)
View Item |