Strategi Political Branding PSI dalam Upaya Meningkatkan Elektabilitas Partai Jelang Pemilu 2024

Darren Nathaniel, Felix (2024) Strategi Political Branding PSI dalam Upaya Meningkatkan Elektabilitas Partai Jelang Pemilu 2024. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (598kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (347kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia menandai momen penting dalam perkembangan demokrasi suatu negara. Strategi political branding digunakan oleh PSI dalam menghadapi Pemilu 2024, serta dampaknya terhadap elektabilitas partai dan dinamika politik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan paradigma post- positivist. Paradigma ini miripdengan paradigma positivist, mengetahui realitas material tunggal dan mencari penjelasan kausal dari fenomena yang terpola. Peneliti menemukan bahwa aspek yang paling dominan yang menjadi kekuatan political branding PSI adalah dari figur pak Jokowi dan Kaesang, yang menjadikan PSI melanjutkan apa yang sudah di bangun oleh presiden sebelumnya. Berdasarkan hasil dari wawancara direktur DPP PSI Yus Ariyanto, menemukan bahwa PSI bukan milik pak Jokowi, namun secara linier dan gagasan mengikuti jejak beliau. Seperti halnya PDIP yang mengambil visi dan misi dari presiden pertama, PSI merupakan bentuk dari gagasan dan ide pak Joko Widodo. Bukan hanya itu, peran paling utama dari PSI dalam implementasi political branding adalah melalui media sosial dimana proses yang dilakukan memanfaatkan instagram, youtube dan tiktok.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: PSI, Political Branding, Elektabilitas
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:46
Last Modified: 12 Nov 2024 11:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34735

Actions (login required)

View Item View Item