Annabella, Elice (2024) Representasi Identitas Budaya Etnis Tionghoa pada Komunitas Tionghoa Diaspora Chinese-Amerika dalam Film Crazy Rich Asians. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (304kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (523kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (276kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (142kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
Abstract
Identitas budaya merupakan kesadaran dasar mengenai karakteristik unik kelompok yang dimiliki seseorang dalam hal kebiasaan hidup, adat, bahasa, dan nilai-nilai. Identitas budaya melekat pada berbagai kelompok masyarakat, termasuk etnis Tionghoa. Identitas budaya etnis Tionghoa sendiri banyak ditemukan dalam berbagai film, salah satunya adalah film Crazy Rich Asians. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan representasi identitas budaya etnis Tionghoa pada komunitas etnis Tionghoa diaspora dalam film Crazy Rich Asians. Dengan menggunakan teori dan metode semiotika dari Charles Sanders Pierce, penelitian ini menganalisis berbagai adegan dari film Crazy Rich Asians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa adegan yang merepresentasikan budaya etnis Tionghoa pada komunitas Tionghoa diaspora, seperti pemilihan warna merah pada pakaian, bermain mahjong, berbahasa Mandarin, mengonsumsi obat tradisional Cina dan penggunaan sumpit. Adegan-adegan tersebut menunjukkan makna bahwa komunitas etnis Tionghoa diaspora tetap berusaha mempertahankan identitas etnis mereka, meskipun mereka bertempat tinggal jauh dari tanah leluhur mereka. Kebanggaan mereka sebagai etnis Tionghoa tetap mereka perlihatkan dengan mempertahankan budaya Tionghoa dalam berbagai aktivitas mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Identitas Budaya, Etnis Tionghoa, Diaspora, Film |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:53 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34769 |
Actions (login required)
View Item |