Pengaruh Pesan Persuasif Akun Instagram @socialconnect.id terhadap Kesadaran Kesehatan Mental Followers

Diva Wijaya, Vincya (2024) Pengaruh Pesan Persuasif Akun Instagram @socialconnect.id terhadap Kesadaran Kesehatan Mental Followers. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (414kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (143kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Saat ini masalah kesehatan mental sedang meningkat di Indonesia, sehingga para komunitas di Indonesia membentuk untuk memberikan dukungan dan semangat dengan mengingatkan kepada semua orang untuk menjaga diri dari masalah kesehatan mental. Salah satunya adalah komunitas kesehatan mental Social Connect yang selalu memberikan pesan-pesan dengan menarasikan tentang masalah kesehatan mental dan memberikan solusi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pesan persuasi akun Instagram @socialconnect.id terhadap pengetahuan kesehatan mental followers. Penelitian ini menggunakan konsep pesan persuasi dan pengetahuan dari khalayak atau pengikut followers akun Instagram @socialconnect.id. Pendekatan dari penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode kuesioner, variabel dari penelitian ini adalah Pesan persuasi dengan dimensi struktur pesan, konten pesan, framing, bahasa, dan daya tarik emosional sebagai variabel X. Untuk Variabel Y yaitu pengetahuan. Penelitian yang dilakukan dalam mengambil sampel menggunakan followers dari akun Instagram @socialconnect.id sebanyak 200 responden secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan uji regresi linier dengan hasil penelitian ini menunjukkan berpengaruh 20,7 % melalui persamaan regresi, dilihat dari sisi pengetahuan = 61.913 + -0.562 Pesan persuasi, hal ini disimpulkan bahwa pesan persuasi akan mengalami kenaikan nilai pada kesadaran kesehatan mental followers @socialconnect.id pada tingkat pesannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kesehatan mental, Media sosial, Pengetahuan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:01
Last Modified: 12 Nov 2024 12:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34801

Actions (login required)

View Item View Item