Pola Pembentukan Identitas Remaja pada Akun Kedua Instagram dalam Konteks Penerimaan Sosial

Vella, Vella (2024) Pola Pembentukan Identitas Remaja pada Akun Kedua Instagram dalam Konteks Penerimaan Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (984kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pengguna media sosial dengan akun kedua sangat umum terjadi di kalangan remaja. Kehadiran media sosial di kalangan remaja meleburkan ruang privat individu dengan ruang publik. Terjadinya pergeseran budaya dikalangan generasi muda untuk membagikan hal tersebut kepada teman onlinenya melalui akun media sosial dengan tujuan membentuk identitas remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan identitas remaja dalam upaya penerimaan sosial melalui akun kedua Instagram. Penelitian ini menggunakan konsep identitas sosial, penerimaan sosial, dan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivism dan metode penelitian studi kasus oleh Robert K. Yin dengan melakukan wawancara terhadap tiga orang informan yang merupakan remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa identitas sosial terbentuk karena remaja ingin membentuk ruang bebas berekspresi dan adanya penerimaan sosial yang terbentuk karena adanya persamaan. Dapat disimpulkan bahwa pembentukan akun kedua dapat dipicu karena adanya fenomena yang terjadi di kalangan remaja yaitu fenomena cyberbullying. Remaja sendiri ingin membentuk akun kedua dengan tujuan untuk masuk kepada penerimaan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Remaja, Akun kedua, Penerimaan Sosial, Identitas Sosial, Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:23
Last Modified: 12 Nov 2024 12:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34889

Actions (login required)

View Item View Item