Randal Singarimbun, Adiyan (2024) Rancangan Transformasi Digital Distribusi Media Cetak dengan Pembuatan Aplikasi Loper di Keagenan Media Cetak Studi Kasus PT Jasatama Pola Media. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (833kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (954kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (341kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (149kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (174kB) |
Abstract
PT Jasatama Pola Media atau biasa disebut Jasatama, adalah perusahaan distributor media cetak yang dikelola Harian Kompas dibawah naungan holding Kompas Gramedia. Berdiri sejak 1995, Jasatama memiliki misi memberikan pelayanan yang maksimal dan baik , saling menguntungkan bagi pengguna jasa perusahaan dan menciptakan kerjasama kepada para pelanggannya. Dalam menjalankan bisnisnya, Jasatama menggunakan sistem ADS (Administration Distribution System) sebagai sistem ERPnya. System ini memiliki kemampuan dalam mengelola database pelanggan, membuat data hantaran loper per pelanggan per porduk, mencatat omset penjualan , mencatat piutang, dan mencetak kuitansi bagi pelanggan. Kelemahan system adalah tidak berbasis online dan dioperasikan hanya di office saja dan tidak terhubung dengan aktifitas di lapangan. Hal ini mengakibatkan beberapa inefisiensi dalam operasioanal Jasatama. Sebagai contoh para coordinator lapangan dan loper tidak memiliki data pelanggan saat mengantar produk ke pelanggan, monitoring kinerja dan tracking loper tidak ada, pemberian gaji dan skema upah loper beragam, absensi loper lemah,kesusaian antara database di system dan dilapangan masih ada perbedaan, omset dan piutang tidak riil time tersaji. Kondisi ini mengharuskan Jasatama berbedah dengan mengadopsi transformsi digital dalam proses bisnis dan operasionalnya. Pengukuran current state organisasi di lakukan dengan pendekatan DMM (Digital Maturity Model) dari TMForum yang mensurvey 6 dimensi yaitu dimensi pelanggan, strategi, opersaional, teknologi.budaya dan data. Hasil survey dari 35 karyawan di Divisi Sirkulasi dan Distribusi menghasilkan bahwa dimensi teknologi adalah yang skornya paling rendah. Sehingga followup dari hal itu, maka Jasatama berinisiatif mengadopsi teknologi aplikasi android untuk petugas di lapangan dan dashboard admin berbasis web yang diintegrsikan dengan system ADS sebagai sumber data utama.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Transformasi Digital, Sirkulasi, Media Cetak, Distribusi , Digital Maturity Model |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:03 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35133 |
Actions (login required)
View Item |