Rahmawati, Fajarika (2024) Strategi Corporate Rebranding Perpustakaan Publik dalam Membangun Corporate Image (Studi Kasus pada Perpustakaan Jakarta). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (842kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (970kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (766kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (588kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (719kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi corporate rebranding Perpustakaan Jakarta dan perannya dalam membangun corporate image yang positif sebagai perpustakaan publik dibawah naungan pemerintahan daerah. Di era di mana institusi publik menghadapi tantangan dalam mempertahankan relevansinya, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi corporate rebranding dapat berperan pada keterlibatan masyarakat dan persepsi layanan sehingga menimbulkan citra lembaga yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara staf Perpustakaan Jakarta yang terlibat dalam proses rebranding dan implementasinya. Temuan utama menunjukkan bahwa tahapan corporate rebranding-- yakni trigger, brand revision, rebranding strategy implementation, stakeholder buy-in, hingga outcomes berperan pada keberhasilan citra Perpustakaan Jakarta yang #SedekatItu. Nilai-nilai baru yang dipegang oleh Perpustakaan Jakarta juga menghasilkan semangat literasi dengan menyebarkan "belajar, berkarya, bertumbuh" pada masyarakat dan pengguna perpustakaan. Sebagai kesimpulan, Perpustakaan Jakarta memiliki fokus pada peningkatan pengalaman pengguna, keterlibatan masyarakat dan pemanfaatan media sosial dalam menyebarkan identitas dan nilai perpustakaan yang baru telah menciptakan persepsi perpustakaan yang segar dan baru di benak masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi corporare rebranding yang efektif dapat mengubah perpustakaan publik menjadi pusat komunitas yang dinamis, memperkuat hubungan dengan pengguna dan menegaskan nilai sosialnya. Temuan ini juga memberikan model penelitian bagi perpustakaan publik lain atau lembaga non-profit yang ingin memperbarui corporate image mereka melalui strategi yang tepat.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | corporate rebranding, perpustakaan, Perpustakaan Jakarta, corporate image |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35159 |
Actions (login required)
View Item |