Novalino Sutanto, Stanley (2025) PENGARUH PEMBERITAAN PILPRES 2024 di MEDIA SOSIAL, TERHADAP GEN-Z DI KOTA SOLO DALAM MENENTUKAN PILIHANNYA. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (702kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (527kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (152kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (132kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (112kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
Abstract
Pemilihan presiden di Indonesia merupakan kegiatan yang dilakukan setiap 5 tahun sekali. Dengan kemajuan zaman, cara berkampanye para pasangan calon presiden dan wakil presiden juga mengikuti perkembangan zaman untuk dapat menyebarluaskan program kerja dari setiap para pasangan calon. Dengan kemajuan zaman ini banyak paslon yang menyebarkan program kerjanya melalui media sosial. Hal ini selaras dengan generasi-z yang di dalamnya terdapat usia pemilih pertama, dan juga generasi-z dianggap sebagai generasi yang melek dengan kemajuan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pemberitaan pilpres yang ada di media sosial berpengaruh terhadap generasi-z dalam menentukan pilihanya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification, dan Stimulus Organism Response sebagai dasar penelitian. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan cara melakukan wawancara kepada narasumber yang berada di Kota Solo. Hasil dari penelitian ini adalah generasi-z menggunakan media sosial untuk mencari tentang program kerja dari semua paslon, tetapi selain itu ada juga faktor kedekatan yang membuat mereka memilih paslon tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Novalino Sutanto, Stanley (00000027843) |
Contributors: | Djoewanto, Ignatius Haryanto |
Keywords: | Pilpres, Kota Solo, Media Sosial, Generasi-z, Pengaruh Pemberitaan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |