Bong, Metta (2024) Perancangan Strategi Distribusi Film Pendek "yang Dibuang yang Akhirnya Bertumbuh" melalui OTT. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (335kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (396kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (545kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (292kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tahapan terakhir dalam pembuatan sebuah film adalah distribusi, di mana sebuah film akan dipertontonkan kepada masyarakat luas. Pendistribusian film di Indonesia ada berbagai cara melalui bioskop, festival maupun Over The Top (OTT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi distribusi film pendek "Yang Dibuang Yang Akhirnya Bertumbuh" melalui Over The Top (OTT) sebagai media utama untuk menjangkau audiens. Penelitian ini menggunakan kajian teori distribusi film, over the top (ott) dan Genflix. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan melalui dua tahapan. Tahap pertama menggunakan studi pustaka sebagai sumber data utama. Studi pustaka ini melibatkan proses pengumpulan, pengkajian, serta analisis berbagai literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen lainnya yang mendukung topik penelitian. Tahap kedua yang dilakukan untuk mendukung pembahasan adalah dengan melakukan wawancara sebagai sumber data tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama antara pembuat film dengan platform OTT memberikan dampak positif karena pembuat film jadi memperhatikan standar distribusi yang telah ditetapkan. Selain itu, strategi distribusi yang dilakukan adalah dengan membuat trailer, poster, sinopsis, still photo dan menayangkan film sebelum dan sesudah lebaran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa melakukan distribusi melalui OTT seperti Genflix menawarkan peluang besar bagi pembuat film untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Film pendek, Distribusi, Genflix, Strategi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |