Michael, Michael (2025) Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Padat untuk Masyarakat Jakarta Timur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (235kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (638kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (303kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (208kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Volume produksi sampah sudah menjadi permasalahan yang berkelanjutan di Indonesia terutama pada kota Jakarta, dimana produksi sampah harian meningkat sebesar 1,24% setiap tahunnya dari tahun 2020. Pada timbulan sampah yang diproduksi kota Jakarta setiap hari, limbah padat atau sampah rumah tangga menjadi sampah yang paling sering ditemui baik itu pada tempat penampungan sampah yang tersebar pada tiap kelurahan maupun pada TPST Bantar Gebang yang mendekati kapasitas maksimal setiap tahunnya dengan Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai penyumbang sampah terbesar. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan limbah yang masih menggunakan metode open dumping dan kurangnya upaya pengelolaan sampah rumah tangga dari sumbernya. Untuk mendorong perilaku pengelolaan sampah atau limbah padat rumah tangga dari sumbernya, dirancanglah sebuah kampanye dengan tujuan mempersuasi dan mengedukasi target audience untuk melakukan pengelolaan limbah rumah tangga secara mandiri yang bermanfaat untuk lingkungan masyarakat dan diri sendiri dalam berbagai aspek. Media kampanye berupa video motion graphic dengan media sekunder pelengkap kampanye seperti billboard, unggahan media sosial, flyer, website, stiker, tumbler, jurnal pengelolaan sampah, dan reusable bag akan dirancang untuk persuasi dan edukasi yang diperuntukkan masyarakat Jakarta Timur dengan rentang usia 25 sampai dengan 40 tahun dengan strata ekonomi B dan C. Pada perancangan, metode dalam pencarian data dan ide perancangan yang akan digunakan berupa design thinking dengan strategi AISAS sebagai tahapan untuk media yang digunakan pada kampanye untuk mengedukasi dan mempersuasi masyarakat untuk mau berpartisipasi dalam pengelolaan limbah rumah tangga.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | limbah, rumah tangga, pengelolaan sampah, kampanye |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:33 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |