Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Padat untuk Masyarakat Jakarta Timur

Michael, Michael (2025) Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Padat untuk Masyarakat Jakarta Timur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (638kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Volume produksi sampah sudah menjadi permasalahan yang berkelanjutan di Indonesia terutama pada kota Jakarta, dimana produksi sampah harian meningkat sebesar 1,24% setiap tahunnya dari tahun 2020. Pada timbulan sampah yang diproduksi kota Jakarta setiap hari, limbah padat atau sampah rumah tangga menjadi sampah yang paling sering ditemui baik itu pada tempat penampungan sampah yang tersebar pada tiap kelurahan maupun pada TPST Bantar Gebang yang mendekati kapasitas maksimal setiap tahunnya dengan Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai penyumbang sampah terbesar. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan limbah yang masih menggunakan metode open dumping dan kurangnya upaya pengelolaan sampah rumah tangga dari sumbernya. Untuk mendorong perilaku pengelolaan sampah atau limbah padat rumah tangga dari sumbernya, dirancanglah sebuah kampanye dengan tujuan mempersuasi dan mengedukasi target audience untuk melakukan pengelolaan limbah rumah tangga secara mandiri yang bermanfaat untuk lingkungan masyarakat dan diri sendiri dalam berbagai aspek. Media kampanye berupa video motion graphic dengan media sekunder pelengkap kampanye seperti billboard, unggahan media sosial, flyer, website, stiker, tumbler, jurnal pengelolaan sampah, dan reusable bag akan dirancang untuk persuasi dan edukasi yang diperuntukkan masyarakat Jakarta Timur dengan rentang usia 25 sampai dengan 40 tahun dengan strata ekonomi B dan C. Pada perancangan, metode dalam pencarian data dan ide perancangan yang akan digunakan berupa design thinking dengan strategi AISAS sebagai tahapan untuk media yang digunakan pada kampanye untuk mengedukasi dan mempersuasi masyarakat untuk mau berpartisipasi dalam pengelolaan limbah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: limbah, rumah tangga, pengelolaan sampah, kampanye
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:33
Last Modified: 05 Jul 2025 11:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37827

Actions (login required)

View Item View Item