Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management untuk PT Maro Anugrah Jaya

Tandean, Richard (2025) Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management untuk PT Maro Anugrah Jaya. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (625kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (131kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (762kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

PT Maro Anugrah Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan properti dan perumahan. Dalam operasionalnya, tim marketing dan sales bertanggung jawab dalam mengelola data calon pelanggan (lead) untuk meningkatkan efektivitas penjualan. Namun, proses pencatatan data lead masih dilakukan secara manual menggunakan spreadsheet, yang menyebabkan ketidakteraturan data, duplikasi, serta kesulitan dalam analisis dan tindak lanjut terhadap calon pelanggan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis aplikasi digital, yaitu MIRA (Maro Integrated Resource App). Aplikasi ini dirancang menggunakan Expo React Native sebagai frontend dan Express.js sebagai backend. MIRA memungkinkan tim marketing dan sales untuk mengelola data lead secara lebih terstruktur, mengotomatisasi pencatatan transaksi, serta meningkatkan efisiensi dalam pelayanan pelanggan. Implementasi aplikasi MIRA memberikan dampak positif bagi perusahaan, seperti mengurangi pekerjaan manual, meningkatkan akurasi data, dan mempercepat proses tindak lanjut terhadap calon pelanggan. Dengan adanya sistem CRM ini, PT Maro Anugrah Jaya dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan efektivitas operasional secara keseluruhan.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Tandean, Richard (00000058309)
Contributors: Tri Nugroho Ignatius, Hargyo (0317048101)
Keywords: CRM, React Native, Express.js, Lead Management, MySQL 7 Perancangan Aplikasi CRM..., Richard Tandean, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37904

Actions (login required)

View Item View Item