Widyatna Loren, Leony (2025) Aktivitas Business Development Intern DI PT Coolvita Maju Sehat. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (369kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (471kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang ini didasari oleh semakin relevannya kompetensi business development dalam bidang ilmu komunikasi, seiring dengan berkembangnya industri digital, khususnya di sektor kesehatan dan kecantikan. Tujuan dari kegiatan magang ini adalah untuk mengimplementasikan pemahaman mengenai komunikasi strategis, khususnya dalam praktik pengelolaan affiliate marketing yang terintegrasi dengan pengelolaan Key Opinion Leader (KOL) berbasis platform digital seperti TikTok. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah PT Coolvita Maju Sehat, perusahaan FMCG yang menjadi salah satu pemimpin market share padaa kategori suplemen kesehatan dan kecantikan di TikTok Indonesia. Selama magang, penulis menempati posisi sebagai Business Development Intern pada divisi External Cooperation dengan tugas meliputi pengelolaan kerja sama individual creator dan MCN (Multi-Channel Network). Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah strategi pemasaran digital melalui pemanfaatan affiliate marketing yang dijalankan dengan pendekatan kolaborasi creator berbasis konten dalam empat tahapan utama berupa perencanaan, kemitraan, eksekusi, dan evaluasi. Kendala utama yang dihadapi selama proses magang meliputi keterbatasan pengetahuan mengenai sistem afiliasi, perbedaan ritme kerja industri dengan teori kampus, serta adaptasi terhadap tools industri digital marketing. Setelah mengikuti kegiatan magang selama hampir empat bulan, diperoleh kesimpulan bahwa praktik affiliate marketing memerlukan integrasi antara komunikasi strategis, manajemen relasi bisnis, hingga penguasaan tools terkait untuk mendukung pencapaian target bisnis di ekosistem pemasaran digital.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | influencer marketing, affiliate marketing, TikTok |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 13:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 13:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |