Aktivitas Business Development Intern DI PT Coolvita Maju Sehat

Widyatna Loren, Leony (2025) Aktivitas Business Development Intern DI PT Coolvita Maju Sehat. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (369kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (471kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan tempat magang ini didasari oleh semakin relevannya kompetensi business development dalam bidang ilmu komunikasi, seiring dengan berkembangnya industri digital, khususnya di sektor kesehatan dan kecantikan. Tujuan dari kegiatan magang ini adalah untuk mengimplementasikan pemahaman mengenai komunikasi strategis, khususnya dalam praktik pengelolaan affiliate marketing yang terintegrasi dengan pengelolaan Key Opinion Leader (KOL) berbasis platform digital seperti TikTok. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah PT Coolvita Maju Sehat, perusahaan FMCG yang menjadi salah satu pemimpin market share padaa kategori suplemen kesehatan dan kecantikan di TikTok Indonesia. Selama magang, penulis menempati posisi sebagai Business Development Intern pada divisi External Cooperation dengan tugas meliputi pengelolaan kerja sama individual creator dan MCN (Multi-Channel Network). Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah strategi pemasaran digital melalui pemanfaatan affiliate marketing yang dijalankan dengan pendekatan kolaborasi creator berbasis konten dalam empat tahapan utama berupa perencanaan, kemitraan, eksekusi, dan evaluasi. Kendala utama yang dihadapi selama proses magang meliputi keterbatasan pengetahuan mengenai sistem afiliasi, perbedaan ritme kerja industri dengan teori kampus, serta adaptasi terhadap tools industri digital marketing. Setelah mengikuti kegiatan magang selama hampir empat bulan, diperoleh kesimpulan bahwa praktik affiliate marketing memerlukan integrasi antara komunikasi strategis, manajemen relasi bisnis, hingga penguasaan tools terkait untuk mendukung pencapaian target bisnis di ekosistem pemasaran digital.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: influencer marketing, affiliate marketing, TikTok
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jul 2025 13:05
Last Modified: 24 Jul 2025 13:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39230

Actions (login required)

View Item View Item