Analisis Isi Strategi Impression Management Boby Nasution di Insagram sebagai Gubernur Indonesia Termuda

Ghulam Ahmad, Adam (2025) Analisis Isi Strategi Impression Management Boby Nasution di Insagram sebagai Gubernur Indonesia Termuda. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (645kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (448kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (465kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (493kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (311kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Seorang komunikator politik akan merancang strategi tertentu untuk membentuk citra dirinya di hadapan publik. Dengan demikian, masyarakat dapat mengenal lebih jauh tentang visi, misi, program, serta ide-ide yang diusung oleh komunikator tersebut. Ketika kepercayaan publik berhasil diraih, maka pencapaian tujuan politik menjadi lebih mudah. Strategi Impression Management berperan penting dalam membangun hubungan timbal balik yang menguntungkan antara komunikator dan audiens. Pendekatan ini memanfaatkan berbagai simbol dan alat untuk membentuk persona tertentu yang ingin ditampilkan. Penelitian ini memfokuskan pada analisis konten yang terdapat pada Akun Instagram @bobbynst. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui konsep Strategi Impression Management yang paling dominan yang dilakukan Bobby Nasution pada akun Instagram @bobbynasution menjelang pemilihan Gubernur 2024. Penelitian ini menggunakan Strategi Impression Management Jones dan Pittman (1982) yang dibagi menjadi lima strategi yaitu, ingratiation, intimidation, self- promotion, exemplification, dan supplication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi pada 68 konten Instagram @bobbynst. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bobby Nasution mendapatkan persentase nilai sebesar 88,2% atas Strategi Impression Management di media sosial dengan hasil tertinggi yaitu ada pada strategi self-promotion dengan persentase 45,5% dan hasil terendah strategi intimidation dengan persentase 0%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Isi, Bobby Nasution, Impression Management Analisis Isi Strategi..., Adam Ghulam Ahmad, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jul 2025 11:01
Last Modified: 28 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39371

Actions (login required)

View Item View Item