Nataniya Hutagalung, Novi (2025) Aktivitas Marketing Communication Intern pada PT Sharprindo Dinamika Prima. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (268kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (165kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (295kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (414kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang ini didasarkan pada pentingnya peran industri manufaktur dalam perekonomian nasional, khususnya sektor alat-alat teknik dan mesin. PT Sharprindo Dinamika Prima (Shark) sebagai produsen lokal memiliki tantangan dalam menghadapi dominasi produk impor serta kebutuhan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui strategi komunikasi yang tepat. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk memahami proses kerja pada Departemen Marketing Communication dan mengimplementasikan konsep Customer Relationship Management (CRM) dalam praktik komunikasi pemasaran industri manufaktur. Posisi yang dijalankan penulis adalah Marketing Communication Intern yang bertugas melakukan survei pelanggan, edukasi produk, serta layanan pasca-penjualan. Konsep utama yang digunakan dalam laporan magang ini adalah teori CRM yang berfokus pada identifikasi, diferensiasi, interaksi, dan kustomisasi pelanggan. Kendala utama dalam proses kerja magang meliputi perbedaan gaya komunikasi antara generasi Z dan pelanggan dari generasi lebih tua, serta tantangan dalam membangun kepercayaan pelanggan saat dihubungi menggunakan nomor kantor. Kesimpulan dari program magang ini menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi yang adaptif dan berbasis data mampu meningkatkan loyalitas pelanggan serta menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan manufaktur lokal.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Customer Relationship Management, Komunikasi Pemasaran, Layanan Pelanggan. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 13:12 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 13:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |