Pengaruh Value Interest, Social Value, dan Economic Value terhadap Intention to Apply pada Lini Bisnis Rans Entertainment : Telaah pada Jobseekers Generasi Z di Jabodetabek

Amanda Selian, Anita (2025) Pengaruh Value Interest, Social Value, dan Economic Value terhadap Intention to Apply pada Lini Bisnis Rans Entertainment : Telaah pada Jobseekers Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (770kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (579kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (575kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (625kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (325kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perubahan dunia kerja di era globalisasi, khususnya di kalangan generasi muda seperti Generasi Z, mendorong perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat melamar kerja. Generasi ini cenderung mempertimbangkan value interest, social value, dan economic value dalam memilih pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh value interest, social value, dan economic value terhadap intention to apply, dengan fokus pada perusahaan Rans Entertainment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik penyebaran kuesioner kepada 170 responden dari Generasi Z yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to apply. Nilai t-hitung untuk value interest sebesar 13,352, social value sebesar 15,717, dan economic value sebesar 7,547, yang semuanya melebihi nilai t-tabel sebesar 1,654 dengan tingkat signifikansi < 0,05. Temuan ini memperkuat bahwa faktor minat pribadi, nilai sosial, serta nilai ekonomi menjadi pendorong utama dalam keputusan Generasi Z untuk melamar pekerjaan, khususnya pada industri hiburan digital. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi employer branding, sekaligus menjadi referensi bagi perusahaan dalam menarik perhatian generasi muda yang dominan di pasar tenaga kerja saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Value Interest, Social Value, Economic Value, Intention to Apply, Generasi Z, RANS Entertainment
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Aug 2025 11:01
Last Modified: 01 Aug 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39699

Actions (login required)

View Item View Item