Cung Karisma, Clara (2024) Pengaruh Rasa Malu terhadap Lingkungan, Sikap, Norma Subjektif, dan Kendali Perilaku yang Dirasakan terhadap Niat Pembelian Produk Fesyen Berkelanjutan pada Generasi Z di JABODETABEK. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (249kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (295kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (276kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (306kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Industri fashion berkontribusi signifikan terhadap kerusakan lingkungan, namun tingkat adopsi produk sustainable fashion oleh Generasi Z di Jabodetabek masih tergolong rendah, meskipun kesadaran mereka terhadap isu lingkungan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eco-shame, attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control terhadap behavioral purchase intention produk sustainable fashion. Topik ini menarik karena Generasi Z merupakan kelompok konsumen potensial yang dikenal peduli terhadap keberlanjutan, namun terdapat kesenjangan antara kesadaran lingkungan dan perilaku konsumsi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norms, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap behavioral purchase intention produk sustainable fashion, sedangkan eco-shame tidak memiliki pengaruh signifikan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya wawasan dan internalisasi konsep eco-shame dalam kehidupan sehari- hari Generasi Z. Studi ini memberikan wawasan penting bagi industri fashion dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan konsumsi sustainable fashion melalui pendekatan berbasis edukasi, ketersediaan produk, dan penguatan norma sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Cung Karisma, Clara (00000063141) |
Contributors: | Arinto, Boby |
Keywords: | Eco-Shame, Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Behavioral Purchase Intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |