Strategi Komunikasi Politik Ridwan Kamil Dalam Pembentukan Citra Politik Melalui Media Sosial (Twitter)

Dhita, Lita Arny Septiana (2017) Strategi Komunikasi Politik Ridwan Kamil Dalam Pembentukan Citra Politik Melalui Media Sosial (Twitter). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Media sosial adalah sarana komunikasi yang mana setiap individu dapat saling mempengaruhi satu sama lain sehingga diminati pula oleh politisi. Mereka menggunakan media sosial khususnya Twitter, selain untuk berkampanye, juga untuk menyebarkan ide dan berdiskusi dalam bidang tertentu secara mendalam. Twitter merupakan media sosial dengan menggunakan sistem chat sama seperti SMS (Short Message Service) hanya saja lebih ditingkatkan dari segi banyaknya karakter hingga sistem pengiriman yang bersifat dua arah atau lebih. Salah satu politisi yang menggunakan media sosial (Twitter) sebagai strategi komunikasi politik dalam pembentukan citra adalah Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Tujuannya untuk menyosialisasikan seluruh program pemerintah kota Bandung seperti sarana dan prasarana yang menunjang hidup masyarakat menjadi lebih baik dan melaporkan kinerja pemerintah Kota Bandung. Penelitian kualitatif ini menggunakan paradigma postpositivisme dengan sifat penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus instrinsik untuk mengetahui secara dalam mengenai setiap pesan yang disampaikan Ridwan Kamil di media sosial (Twitter) kepada masyarakat (followers). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama tujuh narasumber, observasi tidak berstruktur, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah strategi komunikasi politik dan citra politik, serta konsep-konsep yang berkaitan dengan konseptualisasi komunikasi politik, internet sebagai komunikasi politik, dan media sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan Ridwan Kamil dalam menggunakan media sosial (Twitter) untuk berkomunikasi dengan masyarakat sangat bermanfaat dalam memberikan informasi atas perkembangan kota Bandung. Strategi komunikasi yang dilakukan Ridwan Kamil adalah dengan menerapkan beberapa tahap-tahap strategi komunikasi yakni memahami khalayak, menyusun pesan secara persuasif, menggunakan metode (edukatif, informatif, dan persuasif), dan pemilihan media (media sosial).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Konseptualisasi Komunikasi Politik, Citra Politik, Internet sebagai Komunikasi Politik, Media Sosial
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:37
Last Modified: 27 May 2022 03:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item