Krisna, Mohammad Bari (2018) Strategi Personal Branding Anji Manji Di Media Sosial Youtube. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seseorang atau individu pun dapat melakukan branding terhadap dirinya, yang disebut dengan istilah personal branding. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, personal branding pun dapat dibangun dengan memanfatkan teknologi media baru (new media), yaitu melalui internet dan media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini pertumbuhan penggunanya berkembang pesat dan banyak digunakan publik figur untuk membangun personal branding adalah YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding Anji Manji yang terbentuk melalui kanal YouTube-nya, dengan menggunakan teori elaboration likehood dan konsep online personal branding melihat kemungkinan pembentukan merek diri di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif didukung dengan data kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi teks dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, personal branding Anji dibentuk melalui tema posting yang paling dominan yaitu musik dan partisipasi. Pada konsep online personal branding, elemen skill set ditunjukkan oleh tema musik melalui ketrampilannya dan pengetahuannya di dunia musik. Pada elemen aura ditunjukkan melalui tema partisipasi yaitu dengan menyapa dan melakukan kegiatan dengan para penggemarnya. Menunjukkan Anji Manji sebagai musisi profesional dan juga selebriti yang ramah. Tema-tema tersebut ditampilkan oleh Anji Manji yang pada akhirnya membentuk personal branding di kanal YouTube-nya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Personal Branding, Brand, Elaboration Likehood Model, YouTube |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 03:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6151 |
Actions (login required)
View Item |