Propaganda dalam video klip ‘jokowi dan basuki’ karya cameo project: analisa semiotika charles sanders peirce

Nastiti, Angela Winda Andini (2013) Propaganda dalam video klip ‘jokowi dan basuki’ karya cameo project: analisa semiotika charles sanders peirce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (940kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (740kB)

Abstract

Video klip musik yang diteliti adalah milik akun YouTube bernama Cameo Project dengan judul ‘Jokowi dan Basuki’. Video klip ini diunggah ke YouTube pada tanggal 25 Agustus 2012 dan telah dilihat kurang lebih 1,7 juta pasang hingga hari ini (5 Januari 2013). Penulis meneliti propaganda yang digunakan oleh Tim Cameo Project yang membuat video klip ini mampu menarik perhatian banyak orang. Dalam video klip tersebut, penulis menemukan adanya lima tanda propaganda dari tujuh tanda propaganda yang ada berdasarkan klasifikasi dari Institute for Propaganda Analysis (IPA). Analisis propaganda tersebut penulis lakukan dengan dibantu oleh pisau analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce. Kelima propaganda tersebut adalah band wagon, card-stacking, name calling, plain-folks, dan glittering generalities. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa video klip yang dikombinasikan dengan media sosial, dalam hal ini YouTube dapat memberikan dampak propaganda yang cukup besar dalam sebuah kepemimpinan dalam negara demokrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:40
Last Modified: 26 Jan 2023 03:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item