Warokka, Pricillia Anastasya (2015) Pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya hidup remaja masa kini (studi resepsi pada pembaca majalah gogirl! tahun 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Informasi menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh khayalak. Cara mendapatkan informasi kian beragam. Media massa hadir sebagai jawaban pemenuhan informasi bagi khalayak. Informasi yang beragam itu, akan dikelompokkan masing-masing sesuai kebutuhan yang diinginkan. Informasi mengenai dunia politik, ekonomi, kriminal, wanita, pria, kesehatan, dan remaja. Majalah GoGirl! dengan tagline magazine for real mencoba hadir sebagai salah satu pemenuhan informasi akan gaya hidup remaja masa kini dengan berbagai konten. Sehingga remaja sebagai khalayak aktif mendapatkan informasi yang diinginkan. Karena tiap khalayak memiliki pemaknaan masing-masing sesuai dengan kebutuhannya mencari informasi. Remaja misalnya yang menggunakan majalah remaja sebagai bagian dari pemenuhan akan informasi mengenai gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya hidup remaja masa kini dalam majalah GoGirl! serta mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi pemaknaan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah cultural studies yaitu sebagai kajian budaya untuk mempelajari kebudayaan sebagai teks kehidupan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi resepsi, yaitu akan membagi khalayak terhadap tiga posisi pemaknaan yaitu dominant, negotiated, and oppotition readers. Hasil temuan menunjukkan bahwa khalayak berada pada posisi dominant readers dalam memaknai isi media. Hal tersebut terjadi karena pemaknaan khalayak dalam memaknai isi media terjadi karena berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor budaya, latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan usia, gender dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 050 Magazines, Journals and Serials 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 09:41 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 00:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/892 |
Actions (login required)
View Item |