Hendra Wijaya, Kristian (2020) Perbedaan Self-Efficacy Pada Pembaca Berita Teks dan Sajian Infografis Mengenai Covid-19 di Kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (933kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (751kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan era digital mendorong perubahan pada bidang jurnalistik terutama pada bentuk atau cara penyampaian informasi. Penyampaian informasi dalam sajian infografis hadir sebagai bentuk baru yang memang diperlukan dalam penyampaian informasi dalam berita. Sebesar sembilan puluh tiga persen komunikasi manusia bersifat visual dan Sembilan puluh persen di antaranya diproses di otak dalam bentuk visual. Dalam konsep infografis jurnalistik, sebuah infografis tidak hanya mengutamakan sajian yang menarik, tetapi di dalam infografis juga perlu mengutamakan nilai dan pesan yang ingin disampaikan. Pada masa pandemi global, menjadi penting bagi media dalam membangun dan mengembangkan self-efficacy pembacanya dengan informasi berbentuk infografis. Peneliti bereksperimen untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan dan seberapa besar perbedaan self-efficacy antara pembaca infografis dan pembaca berita teks mengenai Covid-19 di Kompas.com. Selain itu, peneliti ingin mengetahui apakah ada perbedaan social self-efficacy dan emotional self-efficacy pada pembaca berita infografis Covid-19 di Kompas.com. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan teori self-efficacy serta konsep infografis sebagai pisau bedah dalam penelitiannya ini. Eksperimen dilakukan pada pembaca berita infografis dan pembaca berita teks mengenai Covid-19 di Kompas.com. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan self-efficacy antara pembaca infografis dan pembaca berita teks yang menunjukkan bahwa berita infografis mengenai Covid- 19 di Kompas.com dapat memengaruhi self-efficacy pembaca. Selain itu terdapat perbedaan antara social self-efficacy dan emotional self-efficacy pembaca berita infografis mengenai Covid-19 di Kompas.com dengan social self-efficacy lebih tinggi dibandingkan emotional self-efficacy. Dengan demikian, berita infografis mengenai Covid-19 yang ada di Kompas.com dapat memengaruhi social self- efficacy, tetapi belum dapat memengaruhi emotional self-efficacy pembaca.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Infografis, self-efficacy, social self-efficacy, emotional self-efficacy |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.172 Newspapers 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:25 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17783 |
Actions (login required)
View Item |