Pengaruh Pesan Product Placement Kopiko dalam Drama Korea terhadap Minat Beli

Wijaya, Karin (2022) Pengaruh Pesan Product Placement Kopiko dalam Drama Korea terhadap Minat Beli. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sudah banyak brand di Indonesia yang melakukan strategi pemasaran product placement karena iklan televisi sudah kurang efektif lagi. Hal ini disebabkan oleh penonton yang cenderung mengganti saluran ketika jeda pariwara muncul. Product placement memiliki kelebihan dibanding iklan televisi, yaitu produk yang ditempatkan akan dikaitkan langsung dengan jalan cerita acara tersebut sehingga terkesan menyatu dengan para tokoh dan penonton tidak akan terkesan ditargetkan. Salah satu brand yang melakukan strategi pemasaran ini adalah Kopiko dengan melakukan product placement pada drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product placement Kopiko dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha terhadap minat beli. Teori dan konsep utama yang digunakan dalam penelitian adalah Elaboration Likelihood Model, konsep Product placement, dan konsep Minat Beli. Penelitian dilakukan pada pengguna Netflix di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dan menggunakan survei sebagai instrumen pengambilan data. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa product dapat mempengaruhi minat beli. Besar pengaruh yang dihasilkan product placement Kopiko terhadap minat beli adalah sebesar 29,8%. Maka dari itu, product placement yang dilakukan Kopiko dinilai berhasil dan dapat dilakukan kembali pada drama Korea lain yang bergenre serupa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Minat Beli, Product Placement, Iklan. Pengaruh Product Placement..., Karin Wijaya, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.01 Factors of Production
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:24
Last Modified: 13 May 2023 05:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21664

Actions (login required)

View Item View Item