Perancangan dan Implementasi Desain Aplikasi Pengolahan Sampah pada Perusahaan Kaktus Indonesia

Ekaputra Sutanto, Rizky (2022) Perancangan dan Implementasi Desain Aplikasi Pengolahan Sampah pada Perusahaan Kaktus Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Kegiatan program magang dilaksanakan pada PT Citra Solusi Adicita Indonesia sebagai UI/UX Designer pada divisi tech. hal yang melatarbelakangi kegiatan magang adalah untuk merancang dan mengimplementasikan desain aplikasi pengolahan sampah pada perusahaan kaktus indonesia yang memiliki beberapa masalah pada user interface seperti pengaplikasian color pallet yang tidak sesuai dengan brand guideline, penempatan information hierarchy yang kurang tepat, fitur yang kurang memadai kebutuhan pengguna, dan masalah fitur penjadwalan, masalah penting tersebut menyebabkan ketidaknyamanan pengguna saat mengakses aplikasi yang seharusnya membantu kehidupan pengguna sehari-hari, hal ini secara langsung berkorelasi dengan pertumbuhan perusahaan yang bergantung pada kenyamanan pengguna / user experience. Hal yang dilakukan adalah merancang desain aplikasi menggunakan metode design thinking berfokus kepada masalah yang dirasakan pengguna, desain aplikasi dirancang menggunakan software figma untuk memperjelas gambaran aplikasi yang dirancang setelah melalui riset metode design thinking. Tahapan yang selanjutnya dilakukan adalah dengan mengimplementasikan desain tersebut menjadi prototype menggunakan software android studio yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Setelah melalui proses perancangan dan implementasi desain aplikasi tersebut ditemukan melalui usability testing bahwa 57.1% dari 14 responden dengan rentan usia 20-34 tahun merasa puas dengan hasil rancangan dan implementasi desain aplikasi yang telah diperbaharui dan telah memenuhi user requirements.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Desain, Design Thinking, Mengimplementasi, User Experience, User Interface
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 15:01
Last Modified: 30 Jun 2023 02:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item View Item