Perancangan E-Commerce Corrugated Carton Box Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: PT Hora Cipta Jaya)

Takasili, Tevin (2023) Perancangan E-Commerce Corrugated Carton Box Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: PT Hora Cipta Jaya). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

PT Hora Cipta Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan Corrugated Carton Box. Corrugated Carton Box merupakan kotak yang terbuat dari kertas bergelombang dan biasanya digunakan untuk mengemas suatu barang atau produk yang akan dikirim. Corrugated Carton Box ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik serta mudah didaur ulang sehingga banyak industri perusahaan yang menggunakan Corrugated Carton Box sebagai kotak untuk mengemas produk mereka. Perusahaan PT Hora Cipta Jaya ini masih melakukan proses penjualan secara manual dimulai dari transaksi, pemasaran, serta pencatatan dan pembuatan laporan dimana karyawan masih perlu merekap semua data perusahaan saat melakukan penjualan menggunakan Excel. Sehingga masih sering muncul kesalahan pada saat melakukan proses tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu perusahaan dalam mengelola data dan merancang sistem yang memiliki fitur pemesanan, pembayaran, pengiriman, pembuatan laporan, dan promosi produk secara online. Sistem ini dibuat menggunakan metode RAD dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tahapan dari pembuatan sistem ini dibagi menjadi 4 yaitu analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem, dan analisa kelayakan aplikasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sistem e-commerce yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola data, memudahkan transaksi penjualan produk secara online dan pemasaran produk dengan ruang lingkup yang lebih luas serta pencatatan invoice dan laporan secara otomatis. Fitur sistem ini sudah berjalan semua setelah melewati tahap pengujian black box testing. Untuk penilaian sistem ini menggunakan System Usability Scale mendapat skor 78 dan masuk ke dalam grade B.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Corrugated Carton Box, E-commerce, Hora Cipta Jaya, RAD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production > 658.57 Research and Development, R&D
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:45
Last Modified: 02 Aug 2023 04:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26171

Actions (login required)

View Item View Item