Ronald Moriensen, Ryu (2024) Pemasaran Produk dalam Transaksi Business to Business di Perusahaan PT Pura Mayungan (PMElectric). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (492kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (172kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (514kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
B2B atau business to business adalah suatu proses perusahaan dengan menjalankan suatu bisnis yang dijual ke perusahaan atau bisnis lain. Produk yang dijual merupakan produk yang dapat membantu perusahaan lain dalam menjalankan perusahaannya sesuai dengan kriteria dan keinginan dari konsumen atua klien dari perusahaan. Pada bahasan ini, PT Pura Mayungan bergerak pada bidang panel listrik yang menjual produknya ke perusahaan lain dalam membantu untuk memberikan pasokan listrik dengan bentuk panel switchboard. Pada zaman sekarang, listrik menjadi peran yang sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun, PT Pura Mayungan menyediakan panel listrik yang berfokus kepada gedung, pabrik industri, hotel, mal, infrastruktur, rumah sakit, data center, farmasi, hingga universitas dan lainnya. Panel listrik dari PT Pura Mayungan, lebih terfokuskan kepada proyek yang dinilai dalam lingkup besar dan membutuhkan daya listrik dalam bentuk low voltage atau tegangan rendah. Dikarenakan PT Pura Mayungan bergerak pada B2B, maka pemasaran di PT Pura Mayungan lebih berfokus kepada konsultan secara langsung. Hal ini dinilai dari jika terdapat suatu proyek, pemilik perusahaan biasanya datang ke konsultan untuk memudahkan pemilik pada saat membangun proyek, terkait dengan semua hal. Maka dari itu, pemasaran yang dilakukan di PT Pura Mayungan adalah terkait dengan menjalin hubungan baik dengan konsultan dan bersifat Personal Selling (penjualan pribadi), melakukan pendekatan dengan konsultan baru, dan membantu membangun image perusahaan. Hal ini dilakukan divisi pemasaran agar konsultan dapat merekomendasikan PT Pura Mayungan pada proyek klien konsultan, sehingga PT Pura Mayungan dapat mendapatkan proyek dari konsultan itu sendiri dan konsultan dapat meningkatkan kepercayaan mereka jika adanya pemasaran secara langsung.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | B2B, pemasaran, penjualan pribadi, Pura Mayungan |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 14:06 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 14:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33193 |
Actions (login required)
View Item |