Strategi Event Management Jakarta Coffee Week 2023 dalam Meningkatkan Citra Industri Kopi Indonesia

Areta, Cindy (2024) Strategi Event Management Jakarta Coffee Week 2023 dalam Meningkatkan Citra Industri Kopi Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (600kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (312kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah ekspor kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan, hingga di tahun 2023 Indonesia dinyatakan menjadi negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Fakta ini menjadi sebuah peluang besar bagi Indonesia untuk mengembangkan industri kopinya. Hal ini turut berkesinambungan dengan berkembangnya industri MICE saat ini. Sehingga banyaknya para pemangku yang mendirikan event pameran kopi. Salah satunya ialah Jakarta Coffee Week yang merupakan event kopi bergengsi skala Internasional yang menghadirkan para pelaku industri kopi dari berbagai mancanegara. Penelitian ini akan menggali bagaimana strategi event management yang dilakukan oleh Jakarta Coffee Week 2023 dalam meningkatkan citra industri kopi Indonesia. Penelitian ini diteliti menggunakan konsep Event management Process menurut Goldblatt (2013). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Menggunakan teknik mengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis perjodohan pola dan teknik keabsahan data construct validity. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perancangannya Jakarta Coffee Week telah melakukan 5 tahap event management yang dikemukan Goldblatt, walaupun ada beberapa proses yang tidak dilakukan secara bertahap. Tetapi Jakarta Coffee Week 2023 mampu mencapai objektif, serta memberikan dampak positif bagi citra industri kopi tanah air.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Event management, Jakarta Coffee Week, Industri Kopi, MICE
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:50
Last Modified: 11 Nov 2024 09:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34344

Actions (login required)

View Item View Item